Tips Mendapatkan Visa ke Jepang




Dalam beberapa tahun terakhir, persyaratan untuk mendapatkan visa Jepang semakin dipermudah

Mempunyai rencana pergi dan berwisata ke Jepang untuk pertama kalinya? Yang perlu kalian siapkan pertama tentu saja tiket pesawat. Setalah itu, karena Negeri Sakura ini tidak berada dalam kawasan Asia Tenggara, Anda membutuhkan visa untuk dapat mengunjunginya.

Bukankah pergi ke Jepang sekarang bebas visa? Iya, sudah bebas visa untuk pemegang e-paspor. Jika Anda hanya mempunyai paspor biasa, diharuskan untuk tetap membuat visa di kedutaan Jepang.

Mendapatkan visa ke Jepang bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda bisa melihat semua kewajiban yang diperlukan di situs kedutaan Jepang. Disana banyak formulir yang perlu anda isi. Mulai dari data-data diri  sampai jadwal perjalanan.

Kedutaan Jepang di Jakarta terletak di Jl. M.H. Thamrin No. 24 atau lokasinya setelah bunderan Hotel Indonesia. Ada satu hal yang cukup membuat waswas ketika datang ke tempat ini. Di pintu kaca terpampang pengumuman jika visa kita diterima, bisa diambil dalam waktu 5 hari kerja dan jika ditolak, kita tidak bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan visa kembali dalam waktu 3 bulan kedepan tanpa diberikan alasannya.

Baca Juga
Panduan Menginap di Warnet Jepang
Tips Menginap di Bandara Kansai, Osaka
Tips Mencari Makanan Halal di Jepang
Panduan Menginap Di Hotel Kapsul Jepang

Jadi, kita tidak tahu apa saja kekurangannya jika ternyata visa kita ditolak. Perlu diketahui juga, hal ini bukan sekedar pengumuman atau peringatan semata karena menurut  cerita, banyak juga yang permohonan visanya ditolak.

The Daily Japan akan mencoba memberikan tips-tips bagaimana untuk mendapatkan visa ke Jepang dan tentu saja berdasarkan dari pengalaman kami.

Formulir data diri dan perlengakapan lainnya yang harus anda isi

Yang pertama harus Anda lakukan setelah membeli tiket pesawat adalah mengunduh formulir data diri yang ada di situs kedutaan Jepang. Anda diwajibkan untuk membawa Print-out tiket pesawat dan bukti pemesanan penginapan selama di Jepang.

Ya, kita diwajibkan untuk sudah memesan atau setidaknya booking penginapan di Jepang. Tapi, hal ini bisa “diakali”, Anda tidak harus panik untuk langsung memesan penginapan. Anda bisa melakukan pemesanan penginapan yang paling murah di Jepang dengan membayar down payment untuk mendapatkan bukti pemesanan penginapan.

Hal ini biasa dilakukan para traveller karena tentunya kita masih menunggu atau mencari penginapan lainnya sampai “deadline” sebelum keberangkatan. Maksutnya adalah, siapa tahu nanti  ternyata ada penginapan yang sedang melakukan promo.

Jadi, jika ternyata nanti Anda tidak jadi menginap di penginapan yang sudah dipesan atau situasi terburuknya visa Anda ditolak, setidaknya tidak terlalu mengalami kerugian karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Cara lain untuk melakukan pemesanan penginapan, Anda bisa mencari di Booking.com karena disana bisa melakukan pemesanan dengan kartu kredit tanpa dikenakan charge apapun dimuka, serta pembatalannya gratis asalkan masih dalam periode yang ditentukan oleh penginapan tersebut. Pembayaran bisa dilakukan saat nanti Anda tiba dan melakukan check in.

Formulir perjalanan yang harus anda isi

Selain mengunduh formulir data diri, Anda juga diwajibkan untuk mengunduh dan mengisi jadwal perjalanan. Tidak perlu takut, kalian bisa mengisi tempat yang disuka asalkan masih masuk akal. Jika Anda berada di Tokyo, bisa mengisi dengan jalan-jalan ke tempat terkenal seperti Shibuya, Shinjuku, Asakusa, Akihabara ataupun Harajuku.

Bagaimana jika kita ingin melakukan perjalanan ke kota lain dari Tokyo? Nah, untuk hal ini berhubungan dengan syarat lainnya yaitu membawa dokumen tabungan Anda dalam waktu tiga bulan terakhir. Hal ini diperlukan untuk mengantipasi para imigran gelap yang jika sudah sampai di Jepang ternyata membuat masalah sehingga harus di deportasi.

Berapa jumlah tabungan yang harus kita sediakan? Hal ini tergantung dengan berapa lama Anda berada di Jepang. Tidak ada data pasti, namun menurut banyak info adalah Anda harus mempunyai minimal 1.500.000 Rupiah untuk bekal hidup dalam satu hari di Jepang.

Jadi, jika Anda berada di negeri matahari terbit tersebut selama 7 hari, maka tabungan yang harus siapkan adalah sebesar 10.500.000 Rupiah. Untuk keamanan disarankan nominalnya lebih. Cara lainnya adalah memberikan rekeningan tabungan orang yang bisa menjamin Anda jika terjadi masalah seperti rekening orang tua.

Dan, yang perlu diperhatikan juga, jumlah tabungan Anda sebisa mungkin stabil selama jangka waktu 3 bulan tersebut. Maksutnya adalah jangan ada transaksi uang dadakan dalam jumlah yang besar masuk ke rekening Anda jelang mengajukan visa karena ini bisa menimbulkan kecurigaan.

Kembali ke masalah bagaimana jika kita ingin melakukan perjalanan ke kota lain dari Tokyo, hal ini juga akan dilihat dari seberapa besar nominal yang ada di tabungan. Jika anda mempunyai tabungan 10,500,000 Rupiah untuk satu minggu, jangan menuliskan perjalanan ke kota-kota yang jauh seperti Hokkaido, Hiroshima. ataupun Fukuoka karena membutuhkan biaya yang besar. Solusinya? Anda cukup mengisi perjalanan di Tokyo saja.

Jika semua persyaratan dan langkah-langkah diatas anda lakukan, peluang untuk mendapatkan visa akan semakin besar.

Selain cara diatas, apa ada tips lain untuk lebih mudah mendapatkan visa ke Jepang? Ada! Apa itu? Akan kami jelaskan dihalaman kedua.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2222 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.