Tips agar Tetap Hangat saat Musim Dingin di Jepang




Musim dingin di Jepang adalah periode terburuk bagi kebanyakan orang

Musim dingin di beberapa daerah Jepang sudah mulai tiba, mungkin hal ini akan membuat kita menjadi malas untuk pergi keluar dan hanya ingin berjibaku dengan selimut di dalam kamar. Tetapi, apakah kita akan melakukan hibernasi hingga musim semi tiba dan melewatkan kegiatan di musim dingin ?

Sepertinya hal tersebut tidak tepat, karena ada beberapa cara agar tetap hangat di musim dingin ala Jepang !

Bersantai di Bawah Kotatsu

Kotatsu mungkin terlihat seperti meja untuk minum teh biasa dengan selimut di sekelilingnya. Tetapi tahukah kalian kalau kotatsu ini sebenarnya dilengkapi penghangat di bawah meja ?

Jadi, ketika sedang bersantai sambil minum teh atau kopi hangat, kita bisa memasukkan kaki ke dalam selimut kotatsu agar badan kita tetap hangat, bahkan kita pun bisa tidur di bawah kotatsu ini.

Memakan Nabemono

Nabemono, atau yang lebih singkatnya Nabe adalah makanan rebus untuk musim dingin di Jepang. Makanan rebus ini terdiri dari campuran berbagai macam bahan baku, dan beberapa bahan baku yang terkenal adalah daging, makanan laut, tahu, jamur, shirataki, negi, kol dan sayuran lainnya.

Selain itu, ada beberapa jenis nabe yang populer, antara lain Kimchi Nabe, Mille Feuille Nabe dan beberapa Cury Nabe. Jika kalian tertarik untuk mencobanya, kalian pun bisa membuatnya sendiri. Tidak perlu sesuai aturan resep untuk bahan baku karena kalian bisa memasukkan bahan apapun yang kalian suka.

Mandi di kolam buah

Jepang memang terkenal dengan memiliki banyak tempat pemandian air panas, baik itu yang indoor maupun outdoor. Tetapi, ketika musim dingin tiba, beberapa pemandian air panas akan menyuguhkan pengalaman yang berbeda untuk mandi, yaitu dengan menambahkan buah seperti yuzu (sejenis jeruk) ke dalam pemandian agar lebih menyegarkan.

Mungkin terlihat sedikit aneh, tapi kalian harus mencobanya yang satu ini!

Selalu membawa Kairo

Bukan, ini bukanlah Kairo yang ada di Mesir melainkan koyo panas yang biasa di tempel ke badan kalau kita pegal-pegal. Ternyata di Jepang, memakai koyo panas bukan hanya ketika badan pegal saja tetapi bisa juga untuk menghangatkan badan di musim dingin.

Jadi, memang harus sedia kairo kemanapun kita pergi atau kita hanya di rumah seharian tidak masalah, supaya badan tetap hangat dan tidak kedinginan.

Minum secangkir Shouga-yu

Shouga-yu merupakan teh jahe, dan minuman ini merupakan peringkat 1 dalam kategori “Minuman yang Harus di Minum Ketika Musim Dingin” di Jepang.

Selain mampu menghangatkan badan, teh jahe ini juga bisa menyehatkan tubuh dengan khasiat jahe di dalamnya. Jadi, selalu sediakan Shouga-yu ini di rumah / hotel tempat kalian beristirahat ketika berada di Jepang ya!

Sumber: Japanistas

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.