Timnas Jepang U23 Pastikan Tiket Ke Olimpiade 2016




Para pemain Jepang merayakan gol kemenangan yang dicetak Riki Harakawa

Satu jatah tiket wakil Asia untuk berlaga di ajang Olimpiade 2016 dipastikan jatuh tangan Jepang.

Timnas U23 Jepang berhasil mengalahkan Irak dibabak semifinal Piala Asia U23 hari Selasa (26/1/2016) kemarin di Qatar.

Kemenangan yang bukan hanya membawa para Samurai Biru melangkah ke babak final tetapi juga memastikan mereka akan berlaga di Rio de Janeiro dalam Olimpiade musim panas.

Riki Harakawa menjadi pahlawan dengan gol yang ia cetak di masa injury time babak kedua. Playmaker Kyoto Sanga tersebut mencetak gol melalui tendangan indah dari luar kotak penalti.

Bertanding sebagai tim yang lebih diunggulkan, Jepang terlihat bermain hati-hati di 15 menit pertama. Tidak ada peluang berbahaya yang mereka ciptakan ke gawang Irak.

Memasuki menit ke-20, Jepang mulai meningkatkan intensitas serangan mereka dan berhasil mencetak gol melalui Yuya Kubo di menit ke-26. Penyerang yang bermain di Liga Swiss bersama Young Boys itu berhasil memanfaatkan umpan manis Musashi Suzuki.

Setelah unggul, Jepang berhasil mengontrol jalannya pertandingan, namun mereka kecolongan sesaat sebelum wasit meniupkan peluit tanda babak pertama berakhir usai Saad Natiq menceploskan si kulit bundar ke gawang Masatoshi Kushibiki. Skor 1-1 menutup jalannya 45 menit babak pertama.

Di babak kedua, Jepang langsung mengambil alih permainan. Tekanan demi tekanan terus mereka lancarkan terutama melalui Shoya Nakajima. Namun tidak ada yang mampu membahayakan gawang Irak.

Memasuki menit ke-70, pertandingan justru cenderung monoton karena kedua tim seperti kelelahan. Bola lebih sering berkutat dilapangan tengah, tanpa ada penetrasi menusuk kotak penalti.

Disaat pertandingan sepertinya harus dilanjutkan melalui perpanjangan waktu, Harakawa muncul sebagai pahlawan dan menutup kemenangan Jepang dengan dramatis.

Dengan hasil ini Jepang melanjutkan tradisi untuk selalu berlaga di Olimpiade setelah tahun 1992 atau saat mereka memulai J.League. Empat tahun silam di London, mereka berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan tim unggulan Spanyol di babak penyisihan grup.

Cuplikan pertandingan Jepang vs Irak:

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.