Terpilih Sebagai Pemimpin Tokyo, Yuriko Koike Jadi Gubernur Wanita Pertama di Jepang




Yuriko Koike menjadi Gubernur wanita pertama dalam sejarah Jepang

Mantan Menteri Pertahanan Jepang telah terpilih sebagai gubernur. Sesuai dengan proyeksi poling, Yuriko Koike, 64 tahun akan menjadi orang nomor satu di ibu kota Jepang. Ia adalah perempuan pertama dalam sejarah yang menduduki posisi itu.

Koike adalah mantan anggota Majelis Rendah dari Partai Demokratik Liberal (LDP). Ia lahir di Provinsi Hyogo dan belajar di Universitas Kairo di Mesir. Koike sebelumnya adalah pembawa berita di sebuah stasiun televisi swasta dan kemudian masuk ke dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai menteri lingkungan dan adalah menteri pertahanan wanita Jepang yang pertama.

Pemilihan gubernur Tokyo ini harus diselenggarakan karena pengunduran diri mantan Gubernur Tokyo Yoichi Masuzoe atas dugaan penyalahgunaan dana politik.

Salah satu tantangannya dalam masa jabatannya sebagai Gubernur Ibukota adalah menangani masalah keuangan yang dihadapi ibukota untuk menghadapi persiapan Olimpiade 2020mendatang. Salah satu pekerjaan pertama Koike nanti ialah terbang ke Rio pada akhir Olimpiade 2016 untuk menerima bendera sebagai tanda tuan rumah berikutnya.

“Saya akan memimpin politik Tokyo dengan cara yang tak pernah diketahui sebelumnya, Tokyo yang tak pernah Anda kenal,” ujar Koike kepada para pendukungnya seperti dilansir dari BBC, Minggu (31/7/2016).

Ada 21 pesaing untuk memperebutkan kursi gubernur Tokyo. Koike, politisi Hiroya Masuda dan wartawan Shuntaro Torigoe adalah 3 besar suara terkuat.

 

Semenjak Tokyo melakukan serangkaian persiapan Olimpiade, ibukota berkali-kali didera skandal, kelebihan dana, keterlambatan pembangunan hingga plagiat.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.