Terjadi 103 Guncangan di Prefektur Kumamoto




Kerusakan yang terjadi seusai gempa di Kumamoto

9 orang dikabarkan meninggal akibat gempa yang mengguncang wilayah Barat Daya Jepang pada hari Kamis (14/04). Gempa 6.5 Skala Richter mengguncang Kota Mashiki, Prefektur Kumamoto, Selatan Kyushu pada pukul 21:26 waktu setempat.

“Tanah bergetar selama 20 detik sebelum akhirnya gempa berhenti,” ungkap Lim Ting Jie, salah seorang saksi mata.

Tidak terfapat peringatan tsunami atau kejanggalan yang terdeteksi dari pusat pembangkir nuklir di kawasan tersebut.

Terhitung jam 5 pagi waktu setempat, 765 orang dikabarkan mengalami luka-luka, 53 diantaranya menderita luka serius. Sementara itu 44.000 orang lainnya dievakuasi ke 500 titik aman di prefektur.

Badan Metereologi Jepang menyatakan pada konferensi pers bahwa hingga Jumat pagi telah terjadi 103 guncangan pasca gempa dan memperingatkan bahwa kemungkinan akan terjadi guncangan lagi. Bahkan mungkin saja terjadi guncangan sebesar 6 Skala Richter.

Menurut pihak kepolisian dan pemadam kebakaran, sebanyak 20 rumah ambruk di wilayah Mashiki dan sekitarnya, mengakibatkan sejumlah orang terperangkap diantara gedung dan puing. Kebakaran pun terjadi di beberapa titik.

Sejumlah landasan terbang di bandara Kyushu pun mengalami kerusakan, walaupun tidak berdampak bagi penerbangan.

Kemacetan juga terlihat di sejumlah jalan tol Prefektur Kumamoto dan Miyazaki, termasuk Jalan Tol Kyushu.

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.