Tenshou-Kyousha, Kuil Tempat Menyimpan Mumi Manusia Duyung Tertua




Kuil Tenshou-Kyousha

Ketika mendengar kata manusia duyung, tentu yang terbayang adalah putri duyung cantik yang biasa ada di dalam film kartun. Di Jepang, ada sebuah kuil yang menyimpang mumi manusia dayung dan sangat berbeda dengan yang yang biasa kita lihat.

Kuil Tenshou-Kyousha yang terletak di Fujinomiya, bagian timur Prefektur Shizuoka menyimpan sebuah mumi yang diyakini sebagai manusia duyung asli. Mumi itu diperkirakan sudah berusia sekitar 1.400 tahun dan diyakini sebagai mumi duyung tertua.

Mumi ini memiliki tubuh seperti monster kerdil dengan wajah seperti nenek sihir. Perawakan duyung seperti ini di Jepang dikenal dengan nama Ningyo, monster kecil bergigi runcing yang memiliki kuku seperti cakar.

Menurut cerita legenda, duyung ini sebenarnya adalah seorang nelayan yang dikutuk menjadi ikan. Dalam keadaan sekarat, ikan tersebut menceritakan riwayat pilunya kepada Pangeran Shotoku yang sedang pelesir di Danau Biwa. Hukuman harus ia terima karena melanggar larangan untuk menangkap ikan di sebuah perairan terlarang.

Mumi manusia duyung
Mumi manusia duyung

mumi2

Ikan ini kemudian memohon kepada pangeran agar bangkainya ditempatkan di kuil sebagai bahan pelajaran bagi manusia yang berkunjung ke sana.

Hingga saat ini bangkai si ikan masih tersimpan dalam kotak kayu di kuil Tenshou-Kyousha dan menjadi alasan utama bagi wisatawan yang mengunjungi kuil tersebut.

Sumber: Atlas Obscura

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.