Taiiku No Hi: Menumbuhkan Rasa Cinta Olahraga Melalui Hari Olahraga dan Kesehatan




Taiiku No Hi dirayakan setiap hari Senin minggu kedua

Sebagai bentuk kepedulian masyarakat Jepang akan kesehatan, di hari Senin minggu kedua di bulan Oktober, masyarakat Jepang merayakan Hari Olahraga dan Kesehatan (体育の日 ;Taiiku No Hi). Ditahun 2016 ini, Jepang akan merayakan Hari Olahraga pada tanggal 10 Oktober.

Pemerintah Jepang menggunakan perayaan ini untuk dapat menumbuhkan rasa cinta pada olahraga, membentuk jiwa dan raga yang sehat. Pada awalnya Taiiku No Hi ditetapkan pada tanggal 10 Oktober.

Tanggal 10 Oktober pada awalnya dipilih sebagai Hari Olahraga dan Kesehatan karena merupakan peringatan hari upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 1964. Tetapi sejak diberlakukannya Happy Monday System, Taiiku No Hi diubah menjadi hari Senin minggu kedua.

taiiku-no-hi2

Masyarakat Jepang biasanya merayakan hari olahraga dengan melakukan aktifitas olahraga bersama. Di Hari Olahraga dan Kesehatan, biasanya sarana olahraga dapat digunakan secara gratis atau ada potongan harga.

Sekolah, kantor, hingga pemerintah akan mengadakan perlombaan olahraga kecil (運動会 ;Undō-kai). Undō-kai merupakan bentuk kecil dari perlombaan Olimpiade. Perlombaan yang biasanya diadakan seperti lari estafet, maraton, dan tolak peluru.

Tidak hanya sebagai ajang perlombaan, orang-orang Jepang memanfaatkan kesempatan ini untuk saling berinteraksi karena seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi dalam perlombaan di hari olahraga. Tidak jarang juga ada orangtua yang datang ke sekolah untuk melihat anak mereka yang berlomba.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.