Tahun 2020, Jepang Akan Hadirkan Kereta Tercepat di Dunia




Kereta Maglev Jepang sudah diujicobakan tahun lalu

Ketika Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 1964, Jepang melahirkan Shinkansen atau kereta peluru. Hingga kini, kereta cepat tersebut menjadi kebangaan Jepang di bidang transportasi. Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak pertama kali beroperasi.

Di tahun 2020 mendatang, ibukota Jepang tersebut akan kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga paling akbar di dunia. Di tahun 2020, Jepang akan menghadirkan kereta Maglev tercepat di dunia.

Kereta Maglev sendiri sudah digunakan di Shangai, Changsa, Incheon, dan Korea Selatan. Tetapi kecepatannya tentu tidak akan secepat kereta masa depan Jepang ini, dengan menggunakan teknologi magnetic repulson untuk menjaga agar kereta tetap berada di track menjadi benda paling mutakhir.

Dalam ujicoba yang dilakukan pada bulan April tahun lalu, kereta Maglev milik Jepang berhasil menembus kecepatan 603 kilometer per jam (374 mil per jam). Kecepatan tersebut berhasil mencetak rekor baru dunia.

Tidak seperti kereta tradisional lainnya, kereta Maglev beroperasi dengan menggunakan magnet untuk mendorong kereta di atas jalur dan menjalankan kereta ke depan.

Jepang sudah mulai membangun stasiun pertama kereta Maglev di Tokyo. Magvlev akan menghubungkan Tokyo dengan Nagoya yang berjarak sekitar 300 kilometer. Dengan menggunakan kereta cepat ini, jarak tersebut bisa ditempuh hanya dalam 40 menit.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.