Jumlah Pencari Suaka di Jepang Torehkan Rekor Tertinggi




Setiap tahun semakin banyak orang yang mencari suaka ke Jepang

Jumlah orang yang mencari suaka di Jepang di tahun 2015 mencapai rekor tinggi 7.586 orang. Angka ini 50% lebih tinggi dari pada jumlah di 2014 dan terbanyak sejak Jepang mengesahkan UU yang mengakui pengungsi di tahun 1982.

Kementerian Kehakiman memberikan suaka kepada 27 orang termasuk asal Afganistan dan Suriah. Ini adalah 16 orang lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Kementerian juga memberikan status penduduk kepada 79 orang lainnya atas dasar kemanusiaan.

Para pencari suaka diizinkan mengajukan permohonan berulang kali. Mereka tidak akan dideportasi selama permohonan mereka sedang dipertimbangkan. Hingga September, para pencari suaka diberikan izin kerja apabila permohonan mereka telah dipertimbangkan selama enam bulan.

Para pejabat imigrasi menyatakan sistem ini mendorong orang-orang untuk berulang kali mengajukan permohonan status pengungsi. Kebijakan itu saat ini sedang direvisi.

Asosiasi Pengungsi Jepang menyatakan banyak orang yang berhak menerima status suaka seperti para pengungsi yang melarikan diri dari perang saudara di Suriah, tidak bisa mendapatkan suaka.

Organisasi ini menyatakan pihaknya ingin otoritas imigrasi untuk mempertimbangkan kembali kriteria mereka dalam memberikan suaka dengan merujuk pada praktek di negara-negara Barat.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.