Sony Pamerkan Rangkaian Teknologi Interaktif dan Game Menarik di AFA Indonesia 2017




Volley menjadi salah satu game yang diperkenalkan oleh Sony Music Entertainment Japan dalam acara AFA Indonesia (20/8/2017)

Gelaran Anime Festival Asia (AFA) tidak hanya dinantikan oleh para penggemar kebudayaan Jepang, namun juga para pecinta game. Khusus untuk tahun ini, Perusahaan musik dan teknologi raksasa dari Jepang, Sony Music Entertainment Japan (SMEJ), memperkenalkan rangkaian game terbaru mereka. Setidaknya ada empat game yang diperkenalkan dengan platform yang berbeda.

Game pertama yang diperkenalkan adalah Nawatobi Jumper, game berjenis arcade ini adalah permainan lompat tali yang dipadukan dan dengan teknologi digital. Para pemain diajak untuk melompati tali mengenakan perangkat khusus dengan sensor  yang dipasang di pinggang untuk bisa menerbangkan roket ke luar angkasa yang ditampilkan di dalam layar.

“Untuk karakternya sendiri, selain roket, bisa diganti bermacam animasi. Ada berbagai level juga yang akan menantang para pemain untuk bisa menaklukan waktu yang ditentukan,” ujar Masako Masuda, bagian promosi Sony Music Entertainment Japan.

Permainan ini rencananya akan akan ditawarkan kepada pusat-pusat perbelanjaan dan taman bermain yang ada di Jepang. Tampilan di dalam game nantinya juga bisa diubah menyesesuaikan dengan tema lokasi permainan ini berada.

Selanjutnya ada Anywhere VR. Game ini akan mengajak para pemain untuk bisa menikmati pemandangan tempat-tempat wisata yang indah di Negeri Sakura tanpa perlu mendatanginya. AnywhereVR memproyeksikan gambar VR 360 derajat serta musik pilihan bagi para pemainnya. Perangkat VR juga tidak perlu dilepas saat ada ada panggilan masuk atau notifikasi lainnya.

“SMEJ sekarang ini sedang mengembangkan permainan ini untuk bisa dirilis di Indonesia. Jika tidak ada halangan, mungkin bisa keluar di akhir tahun.” Ungkap Kenta Matsuo, bagian promosi Sony Music Entertainment Japan.

Ketika ditanya apakah nantinya versi Indonesia dari game Anywhere VR akan memasukan tempat-tempat wisata di Indonesia, Kenta belum bisa memastikan karena pihak Sony harus melakukan survey ke banyak tempat di Indonesia.

Salah satu game yang paling banyak menarik perhatian dalam acara perkenalan kemarin adalah Shinkukan Dolls. Permainan ini merupakan hasil kolaborasi SMEJ dengan ilustrator John Hathway. Berjenis battle game, Shinkukan Dolls menampilkan banyak karakter wanita kawaii yang didesain oleh John Hathway. Game ini sendiri saat ini baru tersedia di Jepang untuk perangkat Android serta iOS.

Pihak SMEJ tampak cukup serius dalam mempromosikan game ini. Untuk menarik minat banyak orang untuk memainkannya. Bahkan untuk suara karakter di dalam game ini diisi langsung oleh beberapa seiyuu ternama di Jepang seperti Samura Yukari.

Tidak hanya itu, mereka juga menggandeng para cosplayer Jepang seperti Enako yang juga didatangkan langsung oleh mereka ke Jakarta untuk terlibat dalam sesi promosi. Sayangnya belum ada kepastian apakah game ini nantinya juga akan dirilis di Indonesia atau tidak.

Game terakhir yang diperkenalkan kemarin adalah Volly, sebuah gadget berbentuk bola yang dapat merekam dan mengubah suara kita menggunakan sistem pendekteksi getaran dan rotasi yang tertanam di dalamnya.

Untuk menggunakannya, cukup menekan hidung dari bola itu untuk merekam suara, kemudian digoyang-goyangkan untuk mengeluarkan suara yang direkam tadi dalam suara yang berbeda-beda.

“Volly bertujuan menjadi alat edukasi untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar berkomunikasi melalui perangkat ini, ” ujar Masako Masuda.

Dalam gadget yang ditampilkan kemarin di AFA, pihak SMEJ secara khusus merekam suara dari Haruna Luna yang merupakan salah satu penyanyi yang di bawah naungan Sony Music yang juga tampil sebagai salah satu bintang tamu dalam acara tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.