SMAP Merilis Album Terakhir Sebelum Berpisah Dengan Industri Musik




Setelah 25 tahun, SMAP akan mengakhiri karir di industri musik

SMAP, sebuah grup yang bisa disebut sebagai yang paling populer dalam sejarah industri musik Jepang baru saja merilis album terakhir mereka sebelum resmi bubar.

Album berjudul “SMAP 25 YEARS” meliputi tiga CD itu berisikan 50 lagu yang dipilih penggemar lewat pemungutan suara daring dari total 400 lagu yang dirilis SMAP sejak debut di industri musik Jepang pada tahun 1991.

Para penggemar SMAP berbondong-bondong memenuhi “SMAP corner” di toko musik. Selain album baru, sudut ini juga menjual dua single populer dari SMAP yakni “Yozora no Mukou” dan “Sekai ni Hitotsu dake no Hana.” Banyak dari mereka yang menyesalkan jika grup yang sudah menjadi soundtrack dari hidup mereka akhirnya bubar.

“Setiap lagu bersinar memiliki kenangan untuk saya” ujar penggemar wanita berusia 40 tahun di Tokyo yang menghabiskan setengah hidupnya sebagai penggemar SMAP.

“Meski (SMAP) akhirnya bubar, lagu mereka akan tetap bertahan. Saya akan tetap mendengarkan lagu mereka.” tutupnya.

SMAP sempat menggegerkan media pada Januari setelah beredar kabar bahwa mereka akan bubar. Saat itu anggota para membernya membantah gosip tersebut dan mengatakan mereka akan tetap bersama.

Ketika itu para penggemar membuat kampanye untuk mendukung SMAP dengan cara membeli CD “Sekai ni Hitotsu Dake no Hana” (The Only Flower in the World), lagu SMAP yang paling terkenal. Hasilnya, lagu tahun 2003 itu melejit ke peringkat teratas tangga lagu Jepang.

Namun Agustus lalu agensi bakat Johnny & Associates Inc mengatakan bahwa SMAP akan bubar pada 31 Desember dan semua anggotanya –Masahiro Nakai, Takuya Kimura, Tsuyoshi Kusanagi, Goro Inagaki dan Shingo Katori– akan tetap berada di dalam agensi dan fokus pada karir solo mulai tahun depan.

SMAP, singkatan dari Sports Music Assemble People, dibentuk pada 1988 dengan enam anggota, salah satunya keluar pada 1996 untuk meniti karir sebagai pebalap menurut warta kantor berita Kyodo.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.