Sistem Pengenalan Wajah yang Baru Akan Diberlakukan di Bandara Haneda




Sistem pengenalan wajah yang baru akan mulai diberlakukan di Bandara Haneda mulai bulan Oktober mendatang. Sistem ini juga diharapkan dapat memudahkan warga Jepang di imigrasi saat kembali ke mereka.

Sistem ini juga nantinya akan diberlakukan untuk keberangkatan dari Bandara Haneda, dan juga bandara utama lainnya seperti Narita, KIX, dan Chubu mulai 2018.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperketat pengawasan imigrasi dan mencegah ancaman teroris seiiring dengan lonjakan pengunjung asing selama Olimpiade Tokyo.

Dengan sistem yang baru, data foto wajah wisatawan asing yang tersimpan dalam chip paspor mereka akan dibandingkan dengan foto yang diambil di bagian kontrol imigrasi. Jika tidak ada masalah, wistawan bisa melewati imigrasi tanpa perlu cap kedatangan.

Tidak akan ada proses pendaftaran yang diperlukan untuk warga negara Jepang, dan foto wajah wisatawan asing dihapus begitu verifikasi wajah telah selesai.

Jumlah pengunjung asing yang datang ke Jepang telah meningkat secara dramatis, dengan lebih dari 24 juta orang memasuki negara tersebut pada tahun 2016. Pemerintah bertujuan untuk menarik 40 juta pengunjung ke Jepang pada tahun 2020, dan 60 juta pada tahun 2030.

Kementerian Kehakiman meminta respons terkait sistem baru ini mulai dari 5 Juli hingga 3 Agustus sebelumnya nantinya akan diberlakukan secara resmi.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.