SILENT SIREN Sukses Merayakan Ulang Tahun Kelima di Jakarta




SILENT SIREN sukses merayakan ulang tahun kelima mereka di Jakarta

Tahun 2017 menandakan berbagai perubahan di dalam tubuh SILENT SIREN, sebuah band asal Harajuku, Tokyo yang beranggotakan empat orang model bernama Yoshida Sumire (Suu), Umemura Hinako (Hinanchu), Yamauchi Aina (Ainyan) dan juga Kurosaka Yukako (Yukarun).

Mulai dari pergantian nama yang menjadi huruf kapital semua sampai ke perubahan label musik dari “dreamusic” menjadi “EMI-Records”. Selain itu, SAISAI (sebutan SILENT SIREN) pun merayakan ulang tahun kelima mereka di tahun ini setelah menjalani debut mayor pada tahun 2012 silam.

Untuk merayakannya, Hinanchu dan kawan-kawan menggelar berbagai rangkaian tur di Jepang dan di dunia, Indonesia (Jakarta) pun kembali menjadi salah satu destinasi yang dituju oleh SILENT SIREN. Lokasi konsernya pun sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni Upperroom Annex Building.

Konsernya sendiri dilaksanakan pada hari sabtu, 30 September 2017 kemarin dan tim The Daily Japan berkesempatan untuk kembali meliput aksi panggung Suu dan kawan-kawan. Sebelum konser dimulai, kami berkesempatan untuk bertemu mereka dalam rangka konferensi pers bersama beberapa rekan media.

Tim TDJ mengajukan pertanyaan perihal isi dari single terbaru mereka yang akan dirilis bulan Oktober mendatang, yakni “Just Meet”. Suu menjelaskan bahwa single tersebut berisi tentang “baseball” dan “wanita”, sebagai mana mereka (SAISAI) dan wanita di Jepang bisa bersorak mendukung tim baseball kesayangan mereka.

Kemudian pertanyaan lainnya adalah tentang gaya berpakaian (fashion style). Kami merasa, ada perubahan dari gaya berpakaian di tahun ini dengan dua tahun yang lalu ketika kami melakukan wawancara eksklusif. Hanya saja para personil SAISAI mengonfirmasi bahwa mereka hanya menyesuaikan fashion style dengan negara yang dituju dan mereka biasa berganti gaya karena mereka sendiri adalah model.

Setelah konferensi pers yang cukup menyenangkan, kami pun harus menunggu cukup lama sebelum akhirnya diperbolehkan masuk untuk mengambil gambar sembari menikmati konser yang bertajuk “SILENT SIREN World Tour 2017 ~The New World~”. Membuka konser dengan lagu berjudul “Fujiyama Disco” yang sontak membuat para penggemar menari bersama.

Lalu dilanjutkan dengan dua lagu lainnya, yakni “Yoshida-san” dan “BANG!BANG!BANG!” sebelum memasuki sesi perkenalan. Setelah itu, penampilan mereka dilanjutkan dengan tiga lagu berikutnya, “Hachigatsu no Yoru”, “What show is it?” dan “Joushiko Sensou”.

Ada hal menarik di konser kali ini, yaitu kedatangan seorang musisi Jepang yang berkarir di Indonesia, Hiroaki Kato yang menjadi MC dan membuat obrolan dengan para personil SILENT SIREN tampak begitu menyenangkan. Tidak hanya itu, Suu dan kawan-kawan pun menyanyikan sedikit lagu berbahasa Indonesia pada sesi MC berikutnya.

Lagu pembuka animasi Doraemon versi bahasa Indonesia yang dua tahun lalu mereka nyanyikan ketika kami melakukan wawancara eksklusif serta lagu Indonesia Raya pun mereka nyanyikan bersama-sama dengan para penggemar yang memadati Upperroom Annex Building.

Dan seperti yang kami tuliskan pada artikel “3 alasan kenapa kalian harus datang ke konser SILENT SIREN Live Tour 2017” bahwa kemungkinan mereka akan membawakan lagu baru mereka, SAISAI pun membawakan single terbaru yang berjudul “Just Meet”. Tidak hanya itu, lagu baru lainnya yang sudah pernah dibawakan sebagai encore di konser tahun 2016, yakni Shindo Baddo (Sindbad) pun kembali diperdengarkan kepada penggemar di Tanah Air yang menjadi penutup main songs.

Meski terbilang cukup sukses, tetapi menurut kami ada sedikit penurunan dibandingkan konser tahun 2016. Setlist yang dibawakan tahun ini tidak begitu jauh dengan setlist yang dibawakan tahun-tahun sebelumnya, hanya saja ada sedikit penurunan di pembawaan panggung yang membuat konser tahun ini terasa kurang seru.

Hal itu pun di-amini oleh beberapa penggemar yang kami tanya seusai konser. Selain itu, yang membuat konser kali ini kurang meriah adalah tidak adanya gelang LED seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk kalian ketahui, SAISAI memiliki gelang LED khusus untuk konser mereka sebagai pengganti lightstick/glow stick yang menambah meriahnya konser.

Dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, permasalahan pengambilan gambar ketika konser berlangsung pun masih tetap ada. Padahal hal tersebut sebenarnya dilarang kecuali para awak media, itupun dibatasi hanya tiga lagu pertama saja. Namun, tetap saja aksi SILENT SIREN kali ini cukup menawan dan mereka berjanji akan kembali mengadakan World Tour di Jakarta tahun depan.

Setlist SILENT SIREN World Tour 2017 di Jakarta

M01. Fujiyama Disco
M02. Yoshida-san
M03. BANG!BANG!BANG!
M04. Hachigatsu no Yoru
M05. What show is it?
M06. Joshiko Sensou
M07. Sweet pop!
M08. stella
M09. Beat Sun
M10. Koi Yuki
M11. secret base ~Kimi ga Kureta Mono~
M12. Just Meet
M13. DanceMusiQ
M14. Cherry Bomb
M15. Sindbad

EN1. KAKUMEI
EN2. Guru-Guru Wonderland

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2222 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.