Silent Siren Sukses Membuka “S World Tour” di Jakarta!




Suu sukses memimpin Silent Siren membuka rangkaian tur dunia mereka di Jakarta

Setelah menanti setahun lamanya, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu oleh penggemar Silent Siren tiba juga. Pada hari Jumat kemarin (09/09/2016), band asal ibukota Tokyo, Jepang ini mengadakan konser bertajuk “S World Tour” yang diselenggarakan di Upperroom Annex Building dan didukung oleh WakuWaku Japan. Ini merupakan ketiga kalinya mereka datang di Indonesia setelah sebelumnya mereka tampil di Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) dan melaksanakan konser tunggal di Jakarta pada tahun 2015.

Meskipun konser baru dimulai pada jam 19:30 WIB, tetapi fans Silent Siren sudah banyak yang datang ke lokasi konser semenjak siang hari. Banyak dari mereka yang datang ke konser tidak hanya berasal dari Jakarta, ada pula yang dari Jogjakarta, Singapura, Hong Kong bahkan Jepang. Dengan mengenakan kaos serba pink yang memang menjadi warna khas dari Saisai dan membawa towel serta merchandise lain dari band kesayangan mereka, para fans sudah memadati antrian untuk memasuki ruangan konser.

Konser dibuka dengan sedikit instrumen musik dan semua personil Silent Siren naik ke atas panggung untuk menyanyikan salah satu lagu dari album S, yakni milk boy. Fans pun sontak berdiri dan ikut bernyanyi bersama, begitupun dengan lagu-lagu yang dibawakan setelahnya seperti Hachigatsu no Yoru, BANG!BANG!BANG! dan Biisan. Setelah membawakan empat lagu, mereka kemudian memperkenalkan diri satu persatu lalu lanjut menyanyikan tiga buah lagu, termasuk salah satu lagu yang berasal dari album SILENT SIREN yaitu Joshikou Sensou.

Setelah membawakan lagu hikari, Silent Siren melakukan sesi tanya jawab dengan beberapa fans yang dibantu oleh seorang penerjemah diatas panggung, sama seperti konser tahun lalu. Mungkin hal ini cukup rancu dan sedikit mengganggu jalannya konser karena sangat jarang terjadi kegiatan tanya jawab (terlebih harus menggunakan translator) ditengah-tengah konser. Tapi mungkin ini salah satu cara Silent Siren untuk mendekatkan diri mereka kepada penggemar yang ada di Indonesia meskipun rasanya kurang pas momennya untuk melakukan hal tersebut.

saisaitdj4

Terbukti, hal ini membuat adrenaline penonton menurun tetapi Silent Siren berhasil mengatasi hal tersebut setelah Yukarun meminta penonton untuk memperagakan gerakan L O V E dan menyanyikan lagu LOVE FIGHTER! ditambah lagu Soukai Rock! yang membuat penonton semakin riuh dan bersemangat. Ketika masuk sesi MC bagian ketiga, semua personil tampak melakukan pemanasan. Awalnya tidak ada yang tahu apa yang ingin dilakukan Hinanchu dan kawan-kawan, tapi ternyata mereka memperagakan “atarimae” atau “senam yang iya-iyalah” dalam bahasa Indonesia milik komedian asal Jepang, COWCOW.

Sontak hal tersebut membuat seisi Upperroom tertawa dengan lucunya tingkah personil Saisai. Setelah tertawa bersama, suasana di lokasi konser langsung hening untuk beberapa saat dan kembali histeris ketika Suu memberitahu kalau lagu yang akan dibawakan selanjutnya adalah salah satu soundtrack anime terkenal di Jepang, yakni secret base ~Kimi ga kureta mono~. Semua penonton ikut bernyanyi bersama karena kepopuleran lagu tersebut  membuat banyak dari penonton yang hafal lirik lagu milik ZONE tersebut.

Ada hal yang paling menarik menjelang selesainya main concert, yaitu ketika mereka membawakan lagu berjudul C. A. F. E saat mencapai di akhir lagu, Yukarun bergaya seperti seorang DJ dan membawakan musik ala EDM yang membuat penggemar berdansa bersama dan dilanjutkan dengan lagu DanceMusiQ. Setelah membawakan lagu berjudul Guru Guru Wonderland, personil Silent Siren turun dari atas panggung dan akan kembali naik ke atas panggung, yang membuat fans berteriak “Saisai !”. Silent Siren menutup konser yang berlangsung selama dua jam tersebut dengan sebuah lagu baru berjudul Shindo Baddo (Sindbad)What show is it? serta Cherry Bomb.

Konser kali ini terbilang cukup sukses karena dipenuhi oleh penonton meskipun tiket kategori VIP tidak sold out. Harga tiket sebenarnya masih terjangkau oleh orang Indonesia, yaitu seharga Rp. 200.000 untuk kategori Festival dan Rp. 350.000 untuk kategori VIP. Mungkin hal yang membuat tiket VIP tidak sold out adalah karena konser kali ini diselenggarakan pada hari kerja sehingga ada yang bentrok dengan jadwal kerja, kuliah ataupun sekolah. Hal yang disayangkan adalah ketidaksigapan pihak panitia karena penonton bisa merekam konser dengan bebas, sama seperti kejadian tahun lalu.

Padahal di Jepang sendiri, aturan untuk merekam ketika konser itu sangat ketat dan tidak bisa sembarang orang merekamnya. Untuk kualitas sound pun sudah sangat baik, suara bass milik Ainyan terdengar mantap ditelinga serta bunyi keyboard dan synthesizer dari Yukarun juga sangat pas dan tidak mengganggu suara gitar dan vocal dari Suu. Konser juga terlihat sangat menarik dengan gelang LED yang dipinjamkan oleh manajemen Silent Siren kepada penonton. Gelang LED berwarna ini diatur dari FOH sehingga menampilkan warna harmonis yang disesuaikan dengan tempo dari lagu yang sedang dimainkan. Warna warni yang membuat pemandangan konser terlihat indah dan menawan.

Seperti kata Hinanchu, Indonesia merupakan rumah keduanya dan ia memang berjanji akan kembali ke Indonesia setiap tahunnya untuk menyelenggarakan konser. Jadi, buat yang tidak bisa datang ke konser di tahun 2016 ini masih ada kemungkinan untuk bertemu dengan Silent Siren di tahun berikutnya.

Setlist Silent Siren S World Tour 2016 di Jakarta :

  1. milk boy
  2. Hachigatsu no Yoru
  3. BANG!BANG!BANG!
  4. Biisan (Beat Sun)
  5. Joshikou Sensou
  6. Love Install
  7. Hikari
  8. LOVE FIGHTER!
  9. Soukai Rock!
  10. Hapi Mari (Happy Marriage)
  11. secret base ~Kimi ga Kureta Mono~
  12. Koi Yuki
  13. stella☆
  14. Yoshida-san
  15. C. A. F. E
  16. DanceMusiQ
  17. Guru Guru Wonderland

Encore :

  1. Shindo Baddo (Sindbad)
  2. What show is it?
  3. Cherry Bomb

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.