Shukubo; Merasakan Sensasi Bermalam di Kuil




Menginap di Kuil Jepang memberikan sensai yang berbeda

Salah satu aktifitas yang menarik saat berkunjung ke Jepang adalah mengunjungi kuil-kuil. Ya memang, Jepang terkenal dengan negara seribu kuil. Kuil-kuil ini terbagi menjadi Kuil Budha (temple) dan Kuil Shinto (shrine).

Namun tahukah kalian bila sebagian kuil di Jepang bisa dijadikan tempat bermalam bagi pengunjung?

Adalah Shukubo, sebuah fasilitas yang diberikan oleh sebagian kuil di Jepang untuk menerima pengunjung bermalam di kuil. Sejarah awalnya, Shukubo merupakan akomodasi yang diperuntukkan untuk pelatihan calon biksu/trainee monks dan tidak mengizinkan orang luar untuk bermalam.

Baca Juga
Tips Untuk Melakukan Hitchhike atau Menumpang Kendaraan di Jepang
Panduan Menginap di Hotel Kapsul Jepang
5 Hal yang Wajib Ditanyakan Setelah Memesan Penginapan di Airbnb
10 Tempat Menarik di Kyoto yang Harus Dikunjungi!

Namun sejak Periode Heian (794-1185), kuil-kuil mulai membuka dan mengizinkan pengunjung yang mau bermalam di sana. Tidak seperti bermalam di ryokan, hotel, maupun tempat akomodasi lainnya, Shukubo memberikan nuansa yang berbeda untuk bisa lebih merasakan nuansa zen (ketenangan).

Hal yang harus diperhatikan bila kalian ingin mencoba Shukubo ini adalah harus mengikuti semua peraturan yang terdapat di kuil, seperti tidak membuat gaduh dan tidak pulang terlalu larut.

Penginapan di Mt. Koya Temple
Penginapan di Mt. Koya Temple

Fasilitas
Fasilitas apa saja yang bisa kamu dapatkan saat melakukan Shukubo?

  • Kamar beralaskan tatami
    Perbedaan yang paling membedakan shukubo dengan penginapan lainnya adalah tidak tersedianya televisi dan sangat jarang yang menyediakan fasilitas AC.  Kamar yang disediakan sangat bernuansa tradisional dan cocok buat kamu yang mencari ketenangan maksimal.
  • Makanan
    Pada dasarnya, para penghuni kuil/biksu tidak akan memakan ikan maupun daging. Jadi makanan yang tersedia biasanya berupa nasi dan sayur-sayuran yang segar.
  • Toilet dan kamar mandi
    Jika kalian orang yang pemalu mungkin akan sedikit sulit untuk melakukan Shukubo. Karena fasilitas toilet dan kamar mandi yang diberikan merupakan kamar mandi bersama. Tapi tenang saja, kamar mandi untuk laki-laki dan perempuan letaknya terpisah.
  • Berlatih layaknya monks trainee
    Ini merupakan fasilitas pilihan yang bisa pengunjung rasakan. Tapi saran kami, kalian harus mencoba mengikuti salah satu program pelatihan ini, seperti Zazen (meditasi), membaca/mendengarkan pembacaan sutra (kitab suci), membersihkan kuil, dan Takigyo (berendam di air terjun).

Budget
Jika kalian tertarik untuk melakukan Shukubo ini, harus merogoh kocek sekitar 5,000 – 10,000 yen perhari dengan dua kali makan. Biasanya harga ini akan meningkat sekitar 200% pada peak season.

Rekomendasi Kuil
Berikut beberapa rekomendasi kuil (temple dan shrine) yang bisa kalian coba untuk melakukan Shukubo. Harga yang tertera bisa saja berubah, jadi kamu harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak kuil.

1. Mt. Koya Temple (高野山)

Mt. Koya Temple

Mt. Koya Temple sudah dikenal hampir 1,ooo tahun yang lalu untuk melakukan Shukubo di Jepang. Para penghuni kuil bisa berbicara bahasa Inggris, jadi ramah terhadapat wisatawan yang tidak bisa berbicara bahasa Jepang. Biaya per-malamnya 10,000 yen (including meals).

611, Koyasan, Koya-cho, Ito, Wakayama-Pref
+81 73-656-2104
Website (Japanese)

 

2. Hieizan Enryaku Temple (比叡山)

Hieizan Enryaku TempleMakanan di Hieizan Enryaku Temple ini terkenal lezat dan fasilitasnya yang lengkap. Pemandangan yang terlihat dari kuil terlihat sangat indah dan kamu harus merasakan pengalaman ikut serta untuk bermeditasi di air terjun sekitar. Biaya per-malam di kuil ini 7,720 yen (including meals).

4220, Sakamoto Honmachi, Otsu, Shiga-Pref
+81 77-578-0047
Website (Japanese)

 

3. Tokura Shrine ( 戸隠神社)

Tokura Shrine

Melakukan Shukubo di kuil ini sangat kami rekomendasikan. Selain situs mereka yang sudah tersedia dalam bahasa Inggris, di sini kamu juga bisa belajar bagaimana membuat soba. Biaya per-malam untuk melakukan Shukubo di kuil ini adalah 10,000 (including meals).

2332, Tokura, Nagano, Nagano-Pref
+81 26-254-2007
Website (English)

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.