Shirakawa-go, Desa Tradisional nan Indah yang Berbalut Panorama Pegunungan




Keindahan Shirakawa-go yang semakin cantik dalam balutan salju saat musim dingin

Tersembuyi di balik pegunungan Hakusan dan terletak di lembah sungai Sho-gawa, terdapat sebuah desa tradisional indah yang memiliki nilai sejarah tinggi. Desa tersebut bernama Shirakawa-go, atau dalam bahasa Indonesia berarti Desa Shirakawa yang terletak tepat di jantung Jepang, di Prefektur Gifu.

Hal yang menjadi sorotan utama akan desa ini adalah bentuk rumahnya yang unik. Bentuk rumah tradisional di Shirakawa-go dikenal dengan nama gasshō-zukuri (合掌). Gasshō-zukuri berarti “tangan yang sedang berdoa”.

Hal yang mendasari penamaan tersebut adalah karena atap rumah di desa ini berbentuk segitiga sama sisi yang menyerupai tangan yang sedang berdoa. Dahulu terdapat sekitar 300 rumah Gasshō-zukuri , namun sekarang diyakini hanya tinggal 114.

Salah satu Gasshō-zukuri di Shirakawa-go

Letak Shirakawa-go yang berada di area pegunungan membuat desa ini selalu diterpa badai salju ketika musim dingin. Jadi, bentuk atap rumah yang menyerupai segitiga sama sisi tersebut membantu melindungi rumah dengan menghindari salju tertumpuk di atap rumah.

Karena keunikan bentuk bangunan dan keindahan panoramanya, UNESCO menganugerahkan Shirakawa-go sebagai Situs Warisan Alam Dunia pada 9 Desember 1995. Hal ini membuat desa ini semakin terkenal di penjuru Jepang, bahkan dunia.

Kejernihan solokan di Shirakawa-go membuat ikan dapat hidup di dalamnya

Waktu terbaik untuk mengunjungi Shirakawa-go adalah pada saat musim gugur, musim semi, dan musim dingin. Saat musim gugur, hampir seluruh pepohonan yang berada di sekitar desa dan pegunungan akan memiliki gradasi warna yang sangat indah. Daun-daun akan berubah warna dari warna hijau ke warna kuning, oranye, dan merah.

Ketika musim semi datang, bunga-bunga sakura bermekaran dengan indahnya di jalan-jalan pedesaan. Pemandangan seperti ini semakin menambah keeksotisan Shirakawa-go yang berbalut warna pink dan putih bunga sakura.

Saat musim dingin, Shirakawa-go akan menjelma seperti negeri dongeng
Saat musim dingin, Shirakawa-go akan menjelma seperti negeri dongeng

Pada musim dingin, desa yang terletak 496 mdpl ini berubah menjadi lebih anggun. Keanggunan desa ini disebabkan oleh salju-salju yang menutupi atap rumah dan permukaan jalan. Pemandangannya akan tampak seperti di ‘negeri dongeng.’

Selain menikmati panorama desa dan pegunungan, wisatawan yang datang juga bisa melihat-lihat interior rumah gasshō-zukuri dengan datang ke Wada House. Di sana wisatawan dapat membuktikan sendiri keunikan rumah tradisional gasshō-zukuri, terutama fakta tentang tidak ada satupun paku yang tertancap dari rumah yang mayorutas terbuat dari kayu ini.

Pemandangan Shirakawa-go saat musim gugur
Pemandangan Shirakawa-go saat musim gugur

Setelah puas melihat-lihat interior rumah, wisatawan pun dapat mempelajari sejarah Desa Shirakawa dengan berkunjung ke Museum Shirakawa-go Gasshō-zukuri Minkaen. Museum ini terletak tidak jauh dari tempat parkir bis dan tempat informasi untuk para turis. Di akhir kunjungan, kalian dapat mencicipi makanan khas seperti soba yang dibuat langsung oleh warga desa.

Untuk mengunjungi ‘negeri dongeng’ ini bisa menggunakan JR Tokaido Shinkansen dari stasiun Tokyo atau Osaka menuju stasiun Nagoya lalu lanjutkan perjalanan dengan JR Takayama Line menuju stasiun Takayama dengan jarak tempuh dua jam. Setelah itu, naiklah Takayama-Noshi Bus menuju Shirakawa-go yang menghabiskan waktu 50 menit perjalanan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.