Shinzo Abe: “Jepang tak Akan Ulangi Kesalahan di Masa Lalu”




PM Shinzo Abe bersama Barack Obama di Pearl Harbor

Dalam lawatannya ke Pearl Harbor bersama Presiden Barack Obama, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berjanji Jepang tidak akan ulangi kesalahan di masa lalu dan tidak akan terlibat perang lagi.

“Saya melayangkan belasungkawa yang tulus dan abadi pada mereka yang meninggal di sini, juga para pemberani yang meninggal dalam perang,” ujar Abe dalam pidatonya di Pearl Harbor.

Kunjungan Abe ke Pearl Harbor bertujuan menguatkan aliansi Jepang dan Amerika Serikat. Ini menjadi lawatan pertama dari seorang pemimpin Jepang ke tempat itu.

75 tahun silam para pilot pesawat tempur Jepang membawa api perang ke Hawaii dan menyeret Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia II. Mereka menyerang Pearl Harbour dengan pesawat torpedo, bomber dan jet tempur pada pagi 7 Desember 1941.

Abe tidak meminta maaf atas kejadian masa lalu itu. Sama seperti Obama yang juga tidak minta maaf atas jatuhnya bom nuklir. Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga menegaskan kunjungan Abe adalah demi menenangkan jiwa-jiwa yang meninggal dalam perang, bukan meminta maaf.

Obama menemani Abe saat memberikan pidato di pinggir laut. Upacara diikuti mengheningkan cipta kemudian menabur bunga ke laut. Setelah selesai, kedua pemimpin menyalami veteran AS yang selamat dari serangan Pearl Harbor.

Sumber: republika

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.