Shinzo Abe Akan Jadi PM Jepang Pertama yang Kunjungi Pearl Harbour




Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengunjungi Pearl Harbor di Hawaii akhir bulan ini untuk mendoakan arwah para korban serangan tahun 1941 oleh Tentara Kekaisaran Jepang yang sekarang telah dibubarkan.

Abe mengumumkan hal tersebut hari Senin (05/12/2016) dan mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bergabung dengan dirinya. Obama mengunjungi Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima bulan Mei lalu.

Serangan di Pulau Oahu bulan Desember 1941 yang membawa pada Perang Dunia II di Asia Pasifik telah mengakibatkan banyak korban terutama di kalangan tentara AS.

Sumber-sumber menyatakan bahwa kunjungan PM Abe akan diadakan pada tanggal 26 dan 27 Desember. Ia akan meletakkan bunga di tempat peringatan USS Arizona yang dibangun di atas kapal perang yang tenggelam dalam serangan tersebut.

Abe dan Obama dijadwalkan akan mengadakan pertemuan puncak terakhir mereka karena Obama akan segera menyelesaikan masa jabatannya akhir Januari mendatang.

Diyakini bahwa Abe memutuskan untuk melakukan kunjungan tersebut sebagian karena presiden terpilih AS Donald Trump selama kampanye pemilu mengatakan akan mengkaji ulang hubungan AS dengan Jepang dan sekutu-sekutu lainnya.

Ini akan menjadi yang pertama kalinya seorang perdana menteri Jepang yang tengah menjabat dan presiden AS mengunjungi Pearl Harbor bersama-sama.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.