Shinkansen Nozomi Rayakan 25 Tahun Beroperasi




Shinkansen Nozomi, kereta peluru paling penting yang menghubungkan kota-kota besar  di Jepang menandai ulang tahun ke-25 di bulan ini. Kereta ini melakukan lebih dari 200 perjalanan setiap hari antara Tokyo menuju Osaka.

Shinkansen Nozomi dengan rute Tokyo to Shin-Osaka tersedia dalam jarak beberapa menit saja di stasiun besar seperti Shinagawa and Shin-Yokohama. Hal mencerminkan bagaimana orang Jepang sangat percaya menaiki kereta ini karena faktor kecepatan dan keamanan.

Rute antara Tokyo dan Shin-Osaka dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dan 22 menit. Sedangkan perjalanan dari Tokyo ke Hakata di Prefektur Fukuoka memakan waktu 4 jam dan 46 menit.

Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (515,4 km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru Nozomi seri 300 yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang singkat.

Sebelumnya Hikari dan Kodama kereta yang digunakan dari peluncuran garis ini pada tahun 1964 di bawah Perkeretaapian Nasional, sesaat sebelum Tokyo Olimpiade tahun itu.

Layanan Nozomi diperpanjang untuk Hakata di Sanyo Shinkansen yang dioperasikan oleh West Japan Railway Co. pada tahun 1993. Setelah pengenalan seri 500 pada tahun 1997, kecepatan maksimum mencapai 300 km per jam, menjadikannya kereta tercepat di dunia pada saat itu.

Saat ini, seri andalan Nozomi N700A memiliki sistem pengereman akurat dan dapat melakukan perjalanan di Tokaido Shinkansen maksimal 285 kpj. Seri N700S dijadwalkan akan diperkenalkan pada 2020.

Nozomi telah mendominasi jadwal shinkansen sejak Stasiun Shinagawa dibuka pada tahun 2003, dengan layanan diperluas pada hari Jumat untuk memenuhi peningkatan jumlah penumpang.

Sumber: Japan Times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2221 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.