Shin-Okubo: Korea Kecil di Tengah Ibukota Jepang




Shin-Okubo

Apakah kalian pernah menonton film yang berjudul 26 Years Diary? Film yang bercerita tentang seorang pemuda Korea di Jepang yang mempunyai kekasih dan sahabat orang Jepang?

Cerita film tersebut diangkat dari kisah nyata Lee Su-Hyun yang mengembara ke Jepang. Ia harus menghembuskan nafas terakhir di Negeri Sakura ketika mencoba menyelamatkan seorang warga Jepang yang jatuh diatas rel kereta ketika sedang mabuk.

Baca Juga
Shinjuku, Jantung Sang Ibukota yang Tak Pernah Berhenti Berdetak
Bosan Dengan Shibuya? Cobalah Ke Shimokitazawa
Masjid Terbesar di Jepang Ramah Kepada non-Muslim
Nakano Broadway: Surga Lain Para Otaku

Lee bersama warga Jepang yang lain bernama Shiro Sekine mencoba membantu dengan melompat ke atas rel kereta, namun akhirnya maut menjemput mereka karena terlindas kereta.

Kisah heroik Lee pada tahun 2001 mendapatkan banyak perhatian dari warga Jepang yang tergugah. Aksi ini juga sedikit banyak memperbaiki hubungan bilateral antara Jepang dan Korea Selatan yang memang dikenal tidak akur karena faktor historis.

starshop

Setahun berselang setelah peristiwa kematian Lee, Shin-Okubo benar-benar ditasbihkan sebagai “Korean town” saat Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama Korea Selatan. Lokasi kejadian tersebut berada di Shin-Okubo, sebuah daerah di Shinjuku yang juga dikenal sebagai “Korean town” di Jepang. Tempat ini memang ibarat negara Korea dalam skala yang kecil.

Shin-Okubo terletak tidak jauh dari pusat kehidupan malam di Shinjuku yakni Kabukicho. Sudah menjadi pusat kehidupan orang Korea di Jepang sejak Perang Dunia II karena banyaknya warga Korea yang hijrah kesini.

kpop

Hingga kini, etnis Korea tercatat sebagai orang asing terbanyak kedua yang mendiami Jepang setelah China. Salah satunya yang paling terkenal tentu saja, Kiko Mizuhara.

Keturunan Korea di Jepang dikenal dengan Korea Zainichi, atau kadang disingkat Zainichi (在日). Istilah Korea Zainichi mengacu kepada penduduk permanen jangka panjang di Jepang, yang tetap mempertahankan kebangsaan Joseon (negara Korea lama, sebelum terbagi) atau Korea Selatan mereka.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.