Setiap Hari Ada Dua Orang Jepang Bunuh Diri di Jalur Kereta




Angka bunuh diri jalur kereta masih sangat tinggi di Jepang

Selain permasahalan populasi yang kian menurun, satu permasalahan lain yang belum teratasi di Jepang adalah angka bunuh diri yang tinggi. Berbagai macam cara sudah dilakukan namun masalah ini belum sepenuhnya teratasi.

Dalam tujuh tahun terakhir, dari tahun 2009 hingga 2015 tercatat sedikitnya ada 4.261 orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya di jalur kereta. Berdasarkan angka tersebut, setidaknya ada dua orang kematian karena bunuh diri dalam satu hari di Jepang.

 

“Hasil survei polisi bersama Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, Tenaga Kerja Jepang terungkap banyaknya angka bunuh diri di jalur kereta api di Jepang hingga saat ini,” ungkap sumber Tribunnews.com.

Dari angka tersebut, 50% yang melakukannya adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, 30% atau 1.246 orang berasal dari kaum pekerja, dan 10% dengan 430 orang adalah pelajar atau mahasiwa.

Penyebab utama bunuh diri adalah masalah kesehatan seperti penyakit dari penyakit mental hingga fisik. kemudian masalah pekerjaan, dan juga karena bully dari teman sekolah. Penyakit yang mengakibatkan bunuh diri antara lain karena depresi, penyakit skizofrenia, penyakit tubuh serta masalah penyakit mental lainnya.

Untuk mengurangi jumlah bunuh diri di jaringan kereta, pihak operator kereta banyak membuat pintu pembatas antara tempat menunggu kereta dengan pintu masuk kereta.

“Namun hingga kini masih belum banyak stasiun kereta api di Jepang yang membangun pintu pembantas tersebut, sehingga tingkat bunuh diri tetap tinggi di jaringan kereta api Jepang,” tambah sumber itu.

Belum lama ini Gubernur baru Tokyo Yuriko Koike mengeluarkan peraturan yang melarang PNS melakukan lembur. Mereka diharuskan untuk keluar dari kantor sebelum pukul 8 malam untuk lebih banyak waktu beristirahat dan bersama keluarga sehingga tidak terjadi stres akibat pekerjaan yang bisa berujung aksi bunuh diri.

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.