Seperti Apa Suami Idaman di Mata Wanita Jepang?




Meski tingkat pernikahan di Negeri Sakura sekarang ini terus menurun, bukan berarti tidak ada warganya yang tidak ingin menikah. Wanita Jepang sendiri ternyata memiliki kriteria masing-masing menyangkut calon pendamping hidup mereka.

IBJ, sebuah perusahaan konsultan pernikahan baru-baru ini melakukan survey terkait dengan suami idaman dari para wanita Jepang. Menurut kebanyakan wanita Jepang, wajah tampan bukanlah kriteria utama mereka dalam mencari suami.

Melansir Nextshark, hasil survey yang melibatkan 556 wanita Jepang yang masih lajang berusia 20-40 tahunan, tipe suami ideal adalah pria yang bekerja di kantor dengan penghasilan yang tinggi. Mereka ingin menikahi pria yang dipekerjakan di sebuah perusahaan dagang besar atau perusahaan manufaktur yang dinilai memiliki bayaran besar untuk para pekerjanya.

Setelah itu, wanita Jepang memilih pegawai negeri (38%), dokter (7%), akuntan pajak (4%), seorang manajer (2%), dan bekerja di biro iklan atau stasiun televisi (2%) sebagai pekerjaan dari calon suami yang mereka inginkan. Sementara sekitar 7% responden tidak memiliki preferensi tertentu dalam pekerjaan.

Untuk gaji tahunan, 47% responden menginginkan pria yang memiliki penghasilan 5 juta sampai 7 juta yen atau sekitar Rp 600 juta hingga 850 juta rupiah. Nominal gaji yang sangat fantastis bahkan untuk di Jepang sekalipun.

Sementara 34% responden lainnya menginginkan pria dengan gaji per tahun yang lebih tinggi antara 7 sampai 9 juta yen. 11% lainnya menginginkan suami dengan gaji di bawah 9 juta yen. 6% responden lainnya tidak memiliki referensi, dan 2% sisanya menginginkan suami dengan gaji 3 sampai 5 juta yen per tahun.

Sebagian besar responden berpendapat jika mereka ingin suami yang mapan dengan penghasilan besar akan membuat mereka lebih mudah untuk membesarkan anak dan menjalani hidup dengan lebih nyaman.