Sendai Tanabata Matsuri, Salah Satu Festival Terbesar di Musim Panas




Keindahan Hanabi di Sendai Tanabata Matsuri

Saat gempa dan tsunami besar menerpa Tōhoku, Miyagi menjadi salah satu wilayah yang mengalami kerusakan paling parah. Hampir seluruh daerah di Prefektur Miyagi hancur. Kini, Miyagi sudah bangkit dan kembali mempercantik Prefekturnya.

Jelang musim panas, perhatian masyarakat Miyagi akan berpusat di ibukota mereka, Sendai karena akan ada sebuah Festival besar yang bernama Sendai Tanabata Matsuri.

Tanabata atau Festival Bintang adalah salah satu perayaan yang berkaitan dengan musim di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Tanggal festival Tanabata dulunya mengikuti kalender lunisolar yang kira-kira sebulan lebih lambat daripada kalender Gregorian.

Sejak kalender Gregorian mulai digunakan di Jepang, perayaan Tanabata diadakan malam tanggal 7 Juli, hari ke-7 bulan ke-7 kalender lunisolar, atau sebulan lebih lambat sekitar tanggal 8 Agustus.

Baca Juga
Vegalta Sendai: Bermain Demi Kebanggaan Wilayah Tohoku
Apakah Penyebab Gempa dan Tsunami 2011 di Tohoku?
Kisah Supir Taksi di Miyagi yang Mengangkut Penumpang Hantu korban Tsunami
Berkeliling Murah-meriah di Jepang dengan Seishun 18

Untuk di Sendai sendiri, festival ini setiap tahunnya dilangsungkan pada tanggal 6 hingga 8 Agustus dan di datangi oleh lebih dari dua juta wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Ini adalah salah satu festival musim panas terbesar dan paling populer yang menyedot banyak pengunjung.

Festival ini berpusat disepanjang Downtown Sendai. Fitur utamanya adalah ribuan pita warna-warni yang menghiasi pusat perbelanjaan di kota itu yang sekilas menyerupai hutan berwarna cerah.

Sendai Tanabata Festival 4

Yang paling unik dari Sendai Tanabata Matsuri dan membuatnya berbeda dari Tanabata Festival di daerah lain di Jepang adalah digantungnya “Seven Ornaments” yang disimbolkan sebagai doa untuk kesehatan, kesuksesan dalam bisnis, serta keberhasilan dalam belajar.

Tujuh ornamen itu sendiri terdiri dari:

  1. Kertas berwarna strip persegi panjang.
  2. Kimono yang terbuat dari kertas Jepang.
  3. Crane yang dibuat dengan melipat kertas persegi.
  4. kantong tali yang terbuat dari kertas.
  5. Jaring cor dari kertas.
  6. keranjang sampah yang terbuat dari kertas.
  7. Pita yang terbuat dari kertas berwarna dibentuk menjadi cincin.

Sendai Tanabata Festival 1

Berbagai acara lainnya untuk melengkapi festival biasa diadakan di Shimin Hiroba Square, Kotodai Taman dan di sepanjang jalan Juzenji Dori.

Panggung pertunjukan musik dan hiburan, tarian tradisional serta para penjual makanan membuat Sendai Tanabata Festival semakin meriah dan terbukti dimana setiap tahunnya festival ini didatangi lebih dari dua juta wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara

Festival kembang api yang  diadakan pada tanggal 5 Agustus di sepanjang tepi Sungai Hirosegawa akan menandai berlangsungnya salah satu festival paling besar yang diadakan di negeri matahari terbit.

Jika kalian memiliki rencana untuk liburan ke Jepang pada musim panas ini, tidak ada salahnya menginjakan kaki di Prefektur Miyagi untuk menikmati keindahan Sendai Tanabata Matsuri.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.