Semenanjung Korea Kian Memanas, Jepang Berencana Tarik Pulang Warganya di Korut




Semakin memanasnya keadaan di Semenanjung Korea membuat Jepang berencana untuk menarik pulang semua warga Jepang yang berada di Korea Utara. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida hari Sabtu (15/4) kemarin.

Kishida menyatakan, kementerian yang dia pimpin sudah melakukan komunikasi dengan kementerian terkait mengenai rencana ini. Dia menyebut analisa situasi sedang dilakukan, dan berbagai macam recana “evakuasi” warga Jepang di Korut sedang dibahas secara mendalam.

Sementara Menteri Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam jumpa pers mengatakan, pemerintah terus mengumpulkan informasi terkait gerakan Korea Utara tetapi menolak untuk memberikan keterangan lebih rinci.

“Saat ini, kami menjalin hubungan dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk mendesak Korea Utara tidak melakukan provokasi dan mematuhi resolusi DK PBB,” ujar Suga.

“Yang jelas pemerintah akan mengambil langkah yang diperlukan demi melindungi rakyat dan aset negara ini,” tambahnya.

Situasi di Semenanjung Korea meningkat drastis setelah Amerika Serikat (AS) mengirimkan armada tempur mereka ke wilayah itu, dan menyatakan recana untuk menyerang Pyongyang. Pengerahan kapal perang ini mendapat respon keras dari Korut, yang menegaskan siap berperang habis-habisan jika AS menyerang.

Sumber: Sindo, tribun news

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2221 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.