Seluk-beluk Tentang Shinkansen, Kereta Peluru Kebanggaan Jepang




Kereta peluru atau shinkansen adalah alat transportasi mutakhir dari Jepang. Kereta cepat ini mampu menyingkat perjalanan dan dinilai lebih mudah digunakan daripada pesawat karena bisa dinaiki di berbagai stasiun, tidak perlu pergi ke bandara yang terkadang memakan waktu.

Shinkansen sekarang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelancong asing yang penasaran merasakan kecepatannya. Apalagi untuk turis asing diberlakukan JR Pass, sebuah tiket yang bisa digunakan untuk naik shinkansen sepuasnya dalam waktu tertentu, yang tentunya akan sangat meringankan biaya perjalanan.

Baca Juga
JR Pass: Menelusuri Jepang dengan Murah, Efektif, dan Efisien
Shinkansen Kian Menjadi Ancaman Serius Maskapai Penerbangan Jepang
Berkenalan dengan Shinkansen Hokkaido, si Hijau Ungu yang Menawan
Niigata Story #2: Max Toki, Shinkansen Kebangaan Warga Niigata

Meski popularitas Shinkansen sekarang sudah mendunia, mungkin masih banyak yang belum mengetahui seluk beluk kereta peluru ini sepenuhnya. Berikut fakta-fakta menarik dari Shinkansen yang kami lansir dari laman Roughguides.

Yang menciptakan

Shinkansen diciptakan oleh seorang ahli bernama Hideo Shima. Saat merancang kereta api dirinya seperti ingin menciptakan pesawat terbang, yang telah dirinya ciptakan sebelumnya. Kereta ini dibuat dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 164.

Bisa diandalkan

Ketepatan waktu sudah menjadi harga mati untuk sistem kereta di Jepang. Jika di Indonesia, keterlamabatan kereta seperti sudah menjadi hal yang lumrah, tidak demikian dengan di Jepang. Jika kereta mengalami keterlambatan, akan mengacaukan dunia kerja di Jepang.

Sejak pertama kali diluncurkan, tidak ada catatan buruk tentang shinkansen
Sejak pertama kali diluncurkan, tidak ada catatan buruk tentang shinkansen

Hal ini juga berlaku untuk shinkansen. Menurut catatan, rata-rata keterlambatan kereta peluru ini hanya 36 detik, yang kebanyakan disebabkan oleh penyebab tak terkendali, seperti bencana alam misalnya. Hal tersebut tentu tidak mengherankan dan tak bisa dihindarkan, pasalnya ada 800 kereta yang dioperasikan tiap hari.

Sangat Aman

Selain tepat waktu, keunggulan lain dari shinkansen adalah mampu memberikan rasa aman tingkat tinggi kepada para penumpang. Dari catatan perjalanannya, tidak ada kecelakaan shinkansen yang berakibat fatal. Shinkansen juga tercatat telah membawa hampir 10 miliar penumpang hingga saat ini.

Sangat Cepat

Dinamakan kereta peluru jelas memiliki alasan. Shinkansen memiliki kecepatan operasi maksimum yang mencapai 320 km per jam saat pertama kali diluncurkan. Pada 2003, shinkansen berhasil memecahkan rekor sebagai kereta paling cepat di dunia dengan catatan 581 km per jam.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.