Selamat Hari Jadi ke 20 Untuk Nintendo 64 dan Super Mario 64!




Pada tanggal 23 Juni kemarin konsol legendaris Nintendo 64 dan game Super Mario 64 yang dirilis pada saat itu merayakan hari jadinya ke-20.

Nintendo 64, awalnya dikenal sebagai proyek dengan kode nama “Reality Project”, kemudian diganti namanya dengan Ultra 64 dikarenakan mesin tersebut mempunyai prosesor 64-bit.

Konsol ini merupakan konsol game generasi kelima yang diproduksi Nintendo, pertama kali dirilis di Jepang pada 23 Juni 1996. Kemudian rilis di AS pada September 1996 dan berlanjut ke Benua biru dan Australia pada bulan maret 1997.

Pada awalnya, Nintendo 64 yang mempunyai moto “The 64 will change gaming” diharapkan menjadi favorit dalam persaingan mesin game. Namun, dikarenakan kesulitan untuk mengembangkan sistem dengan disk drive 64DD, hal ini membuat perilisannya terus tertunda. Dengan dampak tersebut membuat mesin game ini tertinggal hampir 2 tahun oleh pesaingnya pada saat itu, Playstation dan Sega Saturn.

PlayStation mulai mendominasi pasar Jepang, terbukti dengan meraup total penjualan 100 juta unit, sedangkan, Nintendo 64 tertinggal di belakang dengan hanya berhasil menjual total 33 juta unit. Walaupun lebih populer di negeri paman sam daripada di Jepang, tetapi tetap saja konsol ini masih gagal menyaingi Playstation, mungkin permasalahannya dikarenakan mematok harga yang relatif tinggi dan masih menggunakannya cartridge sebagai media gamenya, dibanding Playstation yang sudah menggunakan CD.

Meskipun penjualan sangat rendah, Nintendo 64 masih memegang tempat khusus di hati banyak penggemarnya. Mesin ini menjadi pelopor dalam terciptanya penggunaan analog joystick dan controller yang bergetar, yang akhirnya sampai sekarang telah digunakan oleh konsol-konsol lainnya. Selain itu, Nintendo 64 juga sebagai pencetus game FPS (First Person Shooter) pertama. Dan keunggulan lainnya adalah fitur multiplayer, dengan empat gamepad/controller, empat orang sekaligus dapat memainkan game di N64 di waktu bersamaan.

Sebut saja Mario Kart 64, New Tetris, GoldenEye 007, sampai Super Smash Bros. Game-game tersebut dapat dimainkan secara bersamaan dalam sekali waktu lewat split layar monitor menjadi empat bagian.

Jangan lupakan juga game The Legend of Zelda: Ocarina of Time, sebuah game action adventure dengan konsep RPG yang didaulat sebagai salah satu yang terbaik dalam genrenya.

lbq4nivgqqp96smfb47o

 

Sedangkan, Game Super Mario 64 yang juga merayakan jadinya, merupakan judul game yang dirilis bersama-sama dengan peluncuran Nintendo 64. Super Mario 64 sangat mendongkrak penjualan unit Nintendo 64. Secara total, Super Mario 64 telah terjual sebanyak 11 juta unit.

Game ini masih dianggap yang mempengaruhi banyak game di masa mendatang, dengan kemampuan visual 3D, kamera yang bergerak dinamis, dan gerakannya yang menarik. Bahkan menurut IGN, pencipta terkemuka seperti Valve Gabe Newell dan Epic Games Cliff Bleszinski, telah mengatakan bahwa game Super Mario 64 sangat berpengaruh kepada mereka sebagai seorang pencipta game.

Super Mario 64 mendapat sambutan yang sangat baik, dan sampai sekarang masih menjadi permainan yang terkenal. Super Mario 64 telah mendapat berbagai penghargaan, seperti “Game of the Year” dari berbagai media. Pada beberapa situs permainan video Super Mario 64 telah dianggap sebagai “Greatest Games of All Times” (atau Game Terbaik Sepanjang Masa).

Selamat Ulang Tahun Nintendo 64 dan Super Mario 64!

Sumber : ANN dan wikipedia

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.