Selamat Beristirahat, Samurai Biru!




Pelatih Akira Nishino gagal membawa tim asuhannnya lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 | PHOTO: SoccerKingJP

Babak 16 besar antara Belgia menghadapi Jepang telah berlangsung di Rostov Arena pada hari Selasa (03/07) jam satu dini hari waktu Indonesia. Kedua tim yang sama-sama memiliki catatan kurang memuaskan di fase 16 besar Piala Dunia bermain cukup ngotot semenjak babak pertama dimulai.

Beberapa kali jual beli serangan terjadi sepanjang 45 menit babak pertama bergulir, peluang demi peluang pun tercipta, sayangnya belum ada yang mampu berbuah gol hingga turun minum. Di babak kedua, baik Belgia maupun Jepang kembali menyerang dan satu-satunya wakil Asia tersisa di Piala Dunia 2018 berhasil memimpin terlebih dahulu di menit ke-48.

Melalui serangan balik, Genki Haraguchi yang menerima umpan terobosan dari Gaku Shibasaki tidak menyia-nyiakan peluang yang ia dapatkan dan berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Empat menit berselang, giliran gelandang milik Real Betis, Takashi Inui yang mencetak gol sekaligus menggandakan keunggulan Jepang atas Belgia menjadi 0-2 lewat sepakan kerasnya dari luar kotak pinalti.

Tertinggal dua gol membuat Belgia terus menerus menggempur jantung pertahanan Samurai Biru. Sang pelatih Roberto Martinez pun memasukkan dua pemain di menit ke-68, mereka adalah Fellaini dan Chadli. Hanya satu menit berselang, Jan Vertonghen berhasil memperkecil ketertinggalan Belgia melalui sundulan apik yang tidak diduga oleh Kawashima akan bersarang ke gawangnya.

Masuknya Fellaini membawa keberuntungan bagi tim berjuluk “The Red Devil”, lima menit setelah gol Vertonghen, gelandang milik Manchester United tersebut sukses menyamakan kedudukan usai tandukkannya yang menerima umpan silang Eden Hazard tak mampu dihalau kiper Jepang.

Berhasil menyamakan kedudukan tak lantas membuat Belgia mengendurkan serangan. Mereka terus menggempur pertahanan Jepang, beruntung Kawashima tampil cukup gemilang dan melakukan beberapa penyelamatan penting sehingga skor masih sama kuat sampai injury time babak kedua.

Jepang mendapatkan tendangan penjuru, Honda yang menjadi eksekutor gagal mengirimkan umpan ke rekan setimnya dan mudah ditangkap oleh Courtois. Bola langsung ia kirimkan ke depan untuk melakukan serangan balik dan Chadli pun menjadi pahlawan kemenangan Belgia setelah sepakannya gagal dibaca oleh Eiji Kawashima.

Kedudukan 3-2 pun mengakhiri pertandingan yang sangat seru antara Belgia melawan Jepang. Anak asuhan Akira Nishino harus beristirahat lebih cepat tetapi mereka akan tetap pulang dengan kepala tegak karena berhasil memberikan perlawanan sengit kepada Belgia. Selamat beristirahat, Samurai Biru! Otsukaresamadeshita!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch