Sekolah-sekolah di Kumamoto Akan Dibuka Kembali




Sekolah-sekolah di daerah yang terlanda bencana di Provinsi Kumamoto di Jepang barat daya berencana melanjutkan kegiatan belajar mengajar pekan ini setelah gempa-gempa besar mengguncang kawasan itu bulan lalu.

Semenjak Jumat (06/05/2016) pekan lalu, 178 sekolah atau hampir 30 persen dari seluruh sekolah di provinsi itu tidak dapat menerima murid-murid. Jumlah tersebut sempat mencapai dua kali lipat setelah gempa besar pertama pada tanggal 14 April.

Jumlah itu mencakup sekolah dasar, SMP dan SMA. Beberapa gedung sekolahan itu rusak parah sementara beberapa lainnya digunakan sebagai tempat pengungsian.

Di desa Minamiaso, di mana jalanan terputus akibat bencana, sebanyak 12 murid SMP akan pergi ke sekolah dari sebuah asrama.

Sebuah gedung sekolah SMP di kota Mashiki yang terkena dampak terbesar dari gempa berencana untuk menggunakan fasilitas sebuah gedung sekolah dasar setelah gedungnya rusak akibat gempa.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.