Sebagian Besar Orang Jepang Sudah tak Menggunakan Kata “Sayonara”




Kata "sayonara' sudah sangat jarang digunakan oleh orang Jepang

Menurut survei yang dilakukan oleh Japan’s livedoor NEWS, rata-rata orang Jepang tidak suka menggunakan kata ‘sayonara.’ Dilansir dari Rocketnews24, survey ini melibatkan 30 orang dari berbagai usia dan jenis kelamin. Kebanyakan dari mereka sepakat jika kata yang berarti “selamat tinggal” itu tidak memiliki arti yang baik.

Dari 21 sampai 30 orang yang berarti 70% nya, mereka mengatakan sudah tidak menggunakannya, atau tidak pernah menggunakan kata itu sama sekali. Sedangkan jawaban orang yang usianya lebih muda, dari umur 20 sampai 30 tahun, 11 dari 14 atau sekitar 80% nya juga mengutarakan jawaban yang sama.

Survey ini memang masih dalam skala yang kecil, tapi walaupun penelitian ini ditambah hingga melibatkan ribuan orang, kemungkinan hasilnya tetap akan sama. Orang Jepang sudah tidak lagi menggunakan kata ‘sayonara.’

Berikut ini beberapa alasan mengapa orang Jepang tidak suka mengatakan ‘sayonara’ lagi:

“Saya tidak suka kata ‘sayonara’ karena kata tersebut membuat pertemuan kita seperti yang terakhir kalinya”

“Mengatakan ‘sayonara’ membuatnya  kita seperti tidak akan bertemu lagi, jadi saya tidak ingin menggunakannya. Rasanya kata tersebut seperti kata yang menakutkan”

“Di tempat kerja atau bersama keluarga dan teman-teman, saya selalu hanya mengatakan ‘see you later’ atau sampai bertemu nanti sebagai kata perpisahan untuk mereka”

Kata ‘sayonara’ memiliki nuansa, seolah-olah akan mengakhiri sesuatu. Sebagian besar orang Jepang, akan merasa sedikit aneh mengatakannya, jika mereka akan bertemu orang yang sama lagi pada keesokan harinya.

Tapi kemudian timbul pertanyaan lain, jika tidak menggunakan kata ‘sayonara’ kata apa yang digunakan sebagai penggantinya? Untungnya, Jepang mempunyai beberapa kata lain saat akan berpisah untuk sementara.

Berikut adalah beberapa contoh dari pengucapan kata-kata pengganti ‘sayonara’ yang sering diucapkan orang Jeapang:

  1. Ja ne (Sampai jumpa)
  2. Mata ne / kondo / ashita / raishuu. (Lihat nanti / lain kali / lihat besok / sampai jumpa minggu depan)
  3. Osaki ni shitsurei shimasu (permisi, tapi saya mau pulang duluan)
  4. Otsukaresama desu (selamat berjuang/terima kasih atas kerja kerasnya hari ini)
  5. Gokigenyou (sampai jumpa – lebih sering wanita yang suka memakai kata ini)
  6. Bai bai (pengucapan sampai jumpa jika anda ingin terlihat lucu ke seseorang)

Jadi, jika nanti kalian mengunjungi atau akan menetap di Jepang untuk beberapa waktu, sudah tahu kata apa yang harus diucapkan saat hendak berpisah (sementara).

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.