Satu Tahun Setelah Gempa Besar yang Mengguncang Kumamoto




Hingga kini masih banyak penduduk Kumamoto yang masih tinggal ditempat pengungsian

Hari Kamis malam pada tanggal 14 April 2016, Jepang dikejutkan dengan gempa besar yang melanda Kumamoto. Dua hari berselang, gempa kembali mengguncang wilayah tersebut yang menyebabkan 41 orang meninggal dari total 50 korban jiwa.

Gempa berkekuatan 6,4 SR itu menjadi yang terbesar di Jepang setelah gempa dan tsunami di Tohoku pada tahun 2011 silam. Ratusan rumah penduduk, sekolah, hingga kastil Kumamoto yang legendaris menderita kerusakan akibat gempa. Sekali lagi, Jepang berduka.

Kastil Kumamoto menjadi salah satu bangunan yang menderita kerusakan akibat gempa

Tanah longsor juga terjadi di berbagai kawasan Kumamoto. Desa Minamiaso adalah yang paling parah terkena dampaknya. Infrastruktur desa itu belum dibangun kembali dan beberapa bagian desa tersebut tidak dialiri layanan air. Jembatan utama di desa itu ambruk dan sebuah jalan utama ditutup. Masih belum diketahui kapan jalan itu akan dibuka kembali.

Desa Minamiaso melakukan sebuah survei antara bulan Januari dan Maret tahun ini. Sekitar dua pertiga warga desa itu yang rumahnya rusak sebagian atau seluruhnya mengatakan ingin kembali, namun mereka menghadapi berbagai tantangan sulit untuk membangun kembali kehidupan mereka di sana.

Kondisi rumah-rumah di Kumamoto yang hancur akibat gempa

Selain itu, meski sudah setahun berselang, masih banyak warga Kumamoto yang belum bisa kembali ke tempat mereka sebelumnya. Proses pembangunan rumah dan infrastuktur yang diambil alih pemerintah dinilai sangat lambat.

Pembangunan kembali kastil Kumamoto juga belum sepenuhnya pulih. Meski demikian, salah satu tempat wisata paling populer di Jepang ini sudah dibuka kembali untuk umum agar para penduduk lokal dan turis asing bisa melihat keindahan bunga sakura di komplek kastil.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.