Samurai Biru Sukses Meraih Poin Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2019




Yoshinori Muto menjadi salah satu pencetak gol Jepang ketika melawan Uzbekistan | PHOTO: JFA

Tim nasional senior Jepang tergabung di grup F bersama Turkmenistan, Oman dan Uzbekistan pada fase grup Piala Asia 2019 yang diselenggarakan di Uni Emirat Arab. Dikomandoi oleh mantan pelatih Sanfrecce Hiroshima, Hajime Moriyasu seusai Piala Dunia 2018, Maya Yoshida dan kolega belum menerima satu kekalahan pun. Dari lima pertandingan persahabatan yang sudah dijalani, Jepang meraih empat kemenangan dan satu hasil seri, ujian sesungguhnya mereka dimulai pada gelaran Piala Asia 2019.

Pada laga pertama menghadapi Turkmenistan, Samurai Biru harus tertinggal terlebih dahulu 0-1 di babak pertama. Namun di babak kedua, Jepang berhasil bangkit berkat dua gol yang dicetak oleh penyerang milik SV Werder Bremen, Yuya Osako dan juga satu gol dari pemain muda yang saat ini bermain untuk FC Groningen, Ritsu Doan. Meski Turkmenistan mampu memperkecil kedudukan melalui titik putih, akan tetapi tim asuhan Hajime Moriyasu tersebut mampu memenangkan pertandingan dengan skor tipis 3-2.

Di pertandingan kedua menghadapi Oman, Genki Haraguchi menjadi satu-satunya pencetak gol di pertandingan tersebut melalui titik putih dan berhasil membawa Jepang lolos ke babak 16 besar berkat raihan enam poin dari dua pertandingan. Laga pamungkas fase grup F menghadapi Uzbekistan baru berlangsung pada tanggal 17 Januari malam waktu Indonesia. Sempat tertinggal terlebih dahulu di menit 40, Yoshinori Muto sukses menyamakan kedudukan tiga menit berselang dan skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, tepatnya di menit ke-58, Tsukasa Shiotani berhasil mencetak gol kemenangan bagi Samurai Biru sekaligus mengantarkan Jepang lolos ke fase selanjutnya sebagai juara grup F. Di babak 16 besar nanti, tim besutan Hajime Moriyasu akan menghadapi Arab Saudi pada tanggal 21 Januari 2019 jam 18:00 WIB.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.