Samurai Biru Bawa Pulang Poin Penting Dari Australia

Penyerang sayap Hertha Berlin Genki Haraguchi sukses mencetak gol dalam tiga pertandingan terakhirnya bersama timnas Jepang




Jepang berhasil mencuri poin penting dalam lawatan mereka ke kandang Australia di laga kualifikasi Piala Dunia 2018

Tim nasional Jepang mendapatkan poin penting usai menahan imbang Australia 1-1 dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup B zona Asia hari Selasa (11/10) kemarin. Samurai Biru sendiri datang ke Negeri Kangguri diiringi keraguan dari para penggemarnya usai penampilan buruk mereka sepanjang laga kualifikasi.

Bertanding di stadion Docklands yang terletak di Melbourne, pelatih Vahid Halilhodzic membuat kejutan dengan menempatkan Keisuke Honda sebagai penyerang tengah usai cederanya Shinji Okazaki. Sebelumnya ramai diberitakan jika posisi Okazaki akan ditempati oleh Takuma Asano.

Sementara pahlawan kemenangan atas Irak, Hotaru Yamaguchi kali ini dimainkan dari awal sebagai gelandang bertahan bergantian dengan kapten Makoto Hasebe. Dengan skema yang dimainkan, terlihat Jepang ingin menahan gempuran Australia dan mengandalkan serangan balik untuk mencuri gol.

Taktik dari Halilhodzic terbukti ampuh diawal pertandingan. Jepang terus menekan pemain Australia yang sedang memegang bola dan membuat beberapa kali pemain tuan rumah melakukan kesalahan sendiri.

Selebrasi Genki Haraguchi usai menceploskan bola ke gawang Australia
Selebrasi Genki Haraguchi usai menceploskan bola ke gawang Australia

Kesalahan pemain Australia berhasil dimanfaatkan oleh Jepang dengan mencuri gol di menit ke-5. Kerjasama apik antara Hasebe dan Honda berhasil diselesaikan dengan sontekan manis Genki Haraguchi ke pojok gawang. Ini menjadi gol ketiga pemain Hertha Berlin dalam tiga pertandingan terakhirnya bersama tim nasional.

Terhentak dengan gol cepat tim tamu, Australia yang didukung penuh oleh suporternya berusaha bangkit. Mereka mulai mencoba bermain lebih sabar dalam membangun serangan namun barisan belakang Jepang kali ini bermain jauh lebih disipilin dibandingkan ketika melawan Irak dan tidak terpancing keluar.

Meski menguasai jalannya pertandingan sejak pertengahan babak pertama, Australia tidak dapat menciptakan peluang emas. Juara Piala Asia 2015 ini justru terlihat kebingungan ketika bola memasuki sepertiga lapangan. Hasebe kembali membuktikan ia masih menjadi sosok penting dengan aksinya dalam mematahkan serangan yang coba dibangun oleh Australia. Skor 0-1 untuk Jepang bertahan hingga turun minum.

Makoto Hasebe menjadi tokoh sentral keberhasilan Jepang menahan imbang Australia
Makoto Hasebe menjadi tokoh sentral keberhasilan Jepang menahan imbang Australia

Di awal babak kedua, Australia langsung mengambil alih permainan dengan mengurung Jepang, namun ini sepertinya yang diinginkan oleh Samurai Biru dimana mereka hanya menunggu dan melihat celah kosong yang ditinggalkan oleh pemain Australia.

Sayangnya Haraguchi yang sedang dalam penampilan terbaiknya bersama tim nasional melakukan kesalahan dengan menjatuhkan pemain Australia di kotak penalti. Mile Jedinak yang dipercaya sebagai eksekutor titik 12 pas membuat kedudukan kembali imbang dan membangkitkan kepercayaan diri tim tuan rumah.

Setelah itu pertandingan sepenuhnya menjadi milik Australia. Jepang sepertinya cukup puas dengan hasil imbang dengan terus menutup rapat pertahanan mereka. Masuknya Tim Cahill dibabak kedua juga tidak banyak membantu daya serang Australia.

Usai pertandingan, Halilhodzic mengaku sedikit kecewa karena Jepang gagal mempertahankan keunggulan karena kesalahan sendiri. “Kami tidak mendapatkan satu poin tapi kehilangan dua poin.” ujarnya.

Shinji Kagawa gagal menampillkan permainan terbaiknya
Shinji Kagawa gagal menampillkan permainan terbaiknya

Secara keseluruhan ia memuji pemainnya yang mampu tampil teroganisir sepanjang laga. Memang harus diakui laga melawan Australia menjadi penampilan terbaik Jepang untuk urusan bertahan. Dalam laga-laga sebelumnya, lini belakang menjadi sorotan karena sering kali membuat kesalahan yang berujung terciptanya gol untuk lawan.

Berbeda dengan lini belakang yang tampak solid, Shinji Kagawa yang dipercaya untuk menciptakan kreasi dari lini tengah justru tampil buruk di 90 menit jalannya pertandingan. Mantan bintang Cerezo Osaka yang diawal musim ini jarang dimainkan oleh Borussia Dortmund seperti kehilangan sentuhan magisnya, ia justru seperti pemain figuran yang tidak memiliki peran penting.

Selain Kagawa, Honda juga tampil dibawah permainan terbaiknya. Diluar umpan yang berujung gol untuk Haraguchi, tidak ada sumbangsih besar lainnya dari Honda hingga ia akhirnya digantikan oleh Takuma Asano lima menit jelang pertandingan usai.

Penampilan mengecewakan Kagawa dan Honda yang sudah menjadi tulang punggung Samurai Biru dalam 5-6 tahun terakhir semakin dipersulit karena Jepang kali ini tampil tidak memainkan penguasaan bola seperti biasanya. Taktik defensif yang diterapkan oleh Halilhodzic terlihat jelas membatasi pergerakan mereka dalam menciptakan kreatifitas.

Satu poin yang dibawa Jepang terasa sangat penting dalam upaya mereka untuk lolos ke Piala Dunia untuk keenam kalinya secara beruntun.

Foto: gety images

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1808 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.