Saitama Railway Museum, Surga Untuk Para Pecinta Kereta di Jepang




Tak dapat dipungkiri bahwa kereta merupakan transportasi utama bagi masyarakat Jepang. Oleh Karena itu dalam memperingati Ulang Tahun ke-20 dari JR East, sebuah Museum Kereta dibangun di Onari, Kota Saitama.

Museum kereta ini dibangun pada tahun 2007 untuk melestarikan elemen fisik dan peninggalan dari kereta di Jepang dan luar negeri. Museum ini juga berusaha melestarikan berbagai materi yang berhubungan dengan JR East dan reformasi privatisasi JNR. Tak hanya sebagai pusat pelestarian dan wisata, museum ini juga mengadakan berbagai pengembangan dan penelitian.

Baca Juga
Menikmati Hamparan Keindahan Kochia di Hitachi Seaside Park
Tiga dari Sepuluh Taman Bermain Paling Populer di Dunia Ada di Jepang
Kuil Hikawa Ōmiya, Pusat dari Semua Kuil Hikawa di Jepang
Menikmati Hanami di Taman Ōmiya

Museum ini disinyalir sebagai museum kereta terbesar di Jepang. Berbagai jenis kereta pun dipamerkan di sana, mulai dari kereta uap lokomotif hingga Shinkansen. Dengan demikian dapat terlihat pula transformasi teknologi kereta di Jepang. Tak ketinggalan sebuah diorama raksasa yang menggambarkan jalur kereta di Jepang.

Benkei Steam Locomotive (Class 7100)
Benkei Steam Locomotive (Class 7100)

Fasilitas yang ditawarkan pun tak kalah menarik, salah satunya adalah simulator mengemudi kereta. Sebuah simulator kereta uap lokomatif memberikan sensasi yang begitu realistik bagi para pengunjungnya. Kebanyakan simulator tidak dikenakan biaya tambahan, namun antrian untuk mencobanya cukup panjang. Namun, untuk mencoba simulator kereta uap lokomotif dipungut biaya tambahan dan hanya 27 pendaftar pertama di setiap harinya yang dapat mencoba simulator tersebut.

"Kodama-type" EMU, JNR 181 series, Limited Express "Toki"
“Kodama-type” EMU, JNR 181 series, Limited Express “Toki”

Di dalam museum juga terdapat berbagai restoran dan toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik kereta. Jika anda berkunjung ke sana, maka sempatkanlah untuk naik ke sebuah taman di rooftop karena di sana anda dapat melihat pemandangan berbagai kereta yang melintas di sekitar. Museum ini berada diantara jalur JR takasaki Line dan Shinkansen Tohoku, Joetsu, dan Hokuriku. Terdapat pula area bermain untuk anak-anak dengan kereta kecil.

A Joban Line 201 untuk anak-anak
A Joban Line 201 untuk anak-anak

Museum Kereta ini berdekatan dengan Stasiun Tetsudo-Hakubusukan yang dapat ditempuh selama 3 menit dengan menggunakan Shuttle dari Stasiun Omiya. Untuk mencapai Stasiun Omiya, naiki kereta JR Takasaki Line dari Stasiun Ueno. Perjalanan ditempuh sekitar 25 menit dari Ueno. Jika sudah sampai Stasiun Omiya, naikilah Shuttle, untuk shuttle sendiri dikenakan biaya sebesar 190 Yen untuk satu kali perjalanan.

Sementara itu, untuk memasuki Museum Kereta dikenakan biaya sebesar 1000 Yen. Jika ingin menaiki simulator kereta uap lokomotif, dikenakan biaya lagi sebesar 500 Yen dan jika anak-anak ingin menaiki simulator kereta kecil maka dikenakan biaya 200 Yen. Jangan lupa untuk mengecek jadwal tutupnya karena museum ini tutup setiap hari Selasa dan juga 29 Desember-1 Januari.

Foto: Japan Guide dan Sainokuni-Kanko

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.