Robot Pimpin Upacara Pemakaman di Jepang




Perusahaan multinasional telekomunikasi dan internet Jepang, Softbank memberikan peran baru bagi robot humanoid, Pepper. Kini Softbank menawarkan Pepper untuk menjadi robot yang melayani upacara pemakaman. Peran baru robot humanoid itu dipamerkan dalam sebuah festival industri pemakaman, Life Ending Industry Tokyo, 23 Agustus 2017.

Robot yang diberi nama Pepper ini dibuat untuk membaca tulisan suci, berdoa, dan bernyanyi untuk bagian dari upacara pemakaman. Robot setinggi empat kaki ini sudah digunakan sebagai robot keluarga, di panti jompo, dan sebagai asisten bank di Jepang.

Pemberian peran baru robot Pepper itu dipengarungi oleh menyusutnya populasi penduduk Jepang yang makin menua dan menyusut. Penasihat Eksekutif Nissei Eco, Michio Inamura menuturkan, saat ini biksu di Negeri Matahari Terbit dilaporkan makin sedikit menerima dukungan finansial dari warga. Maka banyak biksu yang terdorong mencari pekerjaan di luar tugas agama tersebut.

Robot yang melayani urusan pemakaman ini bisa dipakai saat pendeta tidak hadir atau tak tersedia. Untuk biaya layanan robot pemakaman ini sekitar US$450 atau Rp6 juta per pemakaman, lebih murah dibandingkan biaya menyewa pendeta yang perlu kocek US$2200 atau Rp29,3 juta.

Untuk melihat bagaimana Pepper menjalankan ritual pemakaman, bisa disimak dalam video di bawah ini:

Sumber: Viva.co.id

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.