Robot Multibahasa Dikerahkan di Stasiun Tokyo Untuk Membantu Turis Yang Tersesat




robot

Sebuah robot multibahasa dikerahkan di Stasiun Tokyo untuk memandu para pengunjung ke Jepang.

Robot humanoid setinggi 90 sentimeter buatan Hitachi ini memulai debutnya secara uji coba pada Senin (03/10/2016) kemarin di sebuah pusat informasi perjalanan di stasiun Tokyo. Robot penerima tamu ini bisa berkomunikasi dalam tiga bahasa yaitu Jepang, Inggris dan Cina. Robot dengan kepintaran buatan ini mampu mengenali bahasa yang digunakan saat diajak bicara.

Robot ini bisa menjawab lebih dari 200 pertanyaan verbal dan menunjukkan peta di sebuah layar di belakangnya. Robot ini akan memberitahu tempat tujuan dan menyediakan petunjuk arah ke kereta atau peron. Robot ini juga memberikan informasi lokasi loker koin dan daya tarik wisata di dekat Stasiun Tokyo.

Perusahaan Kereta Jepang Timur atau JR East menyatakan untuk pertama kalinya sebuah robot multibahasa digunakan di sebuah stasiun kereta di Jepang. Perusahaan ini berencana untuk mengerahkan robot-robot di beberapa stasiun utama di ibu kota saat Olimpiade dan Paralimpiade 2020 berlangsung.

Seorang manajer riset dan pengembangan JR East mengatakan kemampuan robot-robot humanoid menjawab pertanyaan sederhana akan membantu pekerja stasiun untuk mengatasi peningkatan jumlah pengunjung luar negeri.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.