Jepang, Negeri 1000 Vending Machine!




Vending machine Marvel di Ueno

Selain dikenal sebagai Negara Matahari Terbit dan Negeri Sakura, Jepang juga terkenal sebagai Negara 1000 vending machine. Mesin penjual otomatis ini akan lebih mudah ditemui di Jepang dibandingkan sepeda motor. Tak hanya di pinggir jalan, vending machine juga bisa ditemui di dalam stasiun kereta.

Kultur orang Jepang yang selalu ingin tepat waktu bisa menjadi alasan kenapa mesin ini begitu banyak di sana. Mereka biasanya tidak punya banyak waktu untuk sarapan, dan dengan adanya mesin ini, mereka bisa melakukan sarapan atau meminum kopi di dalam perjalanan ke sekolah, kampur, ataupun kantor.

Vending machine menjadi salah satu faktor pendukung orang Jepang tepat waktu

Menurut catatan sejarah, Vending Machine pertama kali ditemukan pada abad pertama oleh seorang pahlawan dari Alexandria. Sedangkan di Amerika Serikat, mesini ini muncul pada tahun 1888 untuk menjual permen karet yang dibuat oleh Thomas Adams Gum Company.Mesin penjual otomatis modern pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880 yang menjual kartu pos.

Seiring berjalannya waktu, mesin ini akhirnya masuk ke Jepang. Tawaraya Koichi, yang berprofesi sebagai tukang mebel dan seorang penemu, diyakini sebagai pembuat mesin otomatis yang pertama di Jepang. Mesin penjual otomatis yang pertama menjual tembakau yang diciptakan Koichi di i Bakan (sekarang Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi) pada tahun 1888.

Hampir setiap jalan di Jepang terdapat vending machine

Mesin ini menjadi populer di Jepang pada akhir 1950-an dengan “Fountain-style Juice Dispenser.” Sebuah kotak yang dipasang dengan air mancur berisikan jus. Keberhasilannya melebihi ekspetasi banyak orang dan dengan harga yang sangat terjangkau di masa itu, yakni 10 yen pergelas. Setelah itu, banyak perusahaan yang muncul untuk terjun dalam bisnis mesin penjual otomatis, dan perusahaan bir juga mulai memasuki industri ini.

Karena dinilai sangat cocok dengan kehidupan sehari-hari di Jepang, mesin penjual otomatis pun cepat berkembang biak. Di tahun 1864, jumlahnya sekitar 240,000 dan melonjak ke angka 1 juta pada tahun 1970.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.