Ribuan Boneka di Kuil Awashima Dipercaya Memiliki Roh




Kuil Awashima yang terletak di Wakayama dikenal juga dengan sebutan Dolls Shrine karena memiliki ribuan boneka tradisional Jepang. Kuil ini merupakan salah satu kuil paling sakral di Jepang. Menurut kepercayaan, boneka yang ada di kuil ini memiliki roh.

Setiap tanggal 3 Maret atau Girl’s Day di Jepang, diselenggarakan festival Hina-nagashi. Ritual yang dilakukan pada festival ini adalah boneka-boneka ditaruh di perahu kemudian dihanyutkan ke laut. Warga sekitar percaya jika boneka tersebut akan membawa pergi segala penyakit dan nasib buruk pemiliknya.

Boneka yang dihanyutkan ke laut dalam ritual Hina-nagashi
Boneka yang dihanyutkan ke laut dalam ritual Hina-nagashi

Ribuan boneka yang terdapat di Kuil Awashima disebut ‘hina-ningyo’. Ini adalah boneka yang diberikan kepada gadis atau perempuan tiap Girl’s Day. Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1687. Tak heran, jumlah boneka di kuil ini tak terhitung banyaknya.

Jika dibuang di sembarang tempat, boneka ini juga dipercaya bisa mendatangkan musibah bagi pemiliknya
Jika dibuang di sembarang tempat, boneka ini juga dipercaya bisa mendatangkan musibah bagi pemiliknya

Ada satu pantangan bagi warga Jepang untuk menaruh boneka tersebut di sembarang tempat karena mereka percaya jika boneka itu dibuang, rohnya akan kembali untuk menghantui sang pemilik boneka.

Sumber: detik.com

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.