Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu: Mengembalikan Seni Rakugo ke Peradaban




Anime Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu mengangkat kembali seni tradisional Rakugo

Type: TV
Episodes: 13
Status: Finished Airing
Aired: Jan 9, 2016 to Apr 2, 2016
Premiered : Winter 2016
Broadcast: Saturdays at 02:25 (JST)
Producers: Starchild Records, DAX Production
Licensors: None found
Studios:  Studio Deen
Source: Manga
Genres: Drama, Josei
Duration: 26 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Anime adalah animasi serial khas Jepang yang memang menjadi salah satu media untuk mengenalkan Jepang baik budaya pop dan modern maupun tradisional. Selain sebagai hiburan sebenarnya para penonton dan pencinta anime bisa mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai budaya Jepang.

Genre anime sangatlah beragam dan terus berkembang, namun anime yang satu ini membawa kita kembali ke Jepang masa lalu dan mengangkat tema tradisional yang unik yaitu Rakugo.

Rakugo adalah seni bercerita yang menjadi hiburan bagi masyarakat Jepang. Rakugo terkenal sejak dahulu kala sebelum terjadinya Perang Dunia dan masih dilestarikan sampai sekarang.

Apa kalian baru mendengar tentang Rakugo? Maka memilih untuk menonton anime ini adalah pilihan yang baik karena budaya tradisional Rakugo menjadi tema utama dengan bumbu tambahan seperti komedi, slice of life, keluarga, dan percintaan.

Grafis yang ditampilkan juga sangat halus dan efek suara yang menghidupkan setiap scene. Kodansha dan Studio Deen adalah rumah produksi anime yang berjudul Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu (昭和元禄落語心中) ini.

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu menceritakan tentang seorang narapidana yang sudah bebas dan ingin menjadi seorang Rakugoka (Japanese Storyteller) setelah melihat Yurakutei Yakumo, seorang Rakugoka ternama yang tampil untuk menghibur para narapidana di penjara.

rakugo

Setelah keluar dari penjara dengan tekad yang kuat narapidana bernama Yotarou itu pun mendatangi kediaman Yurakutei Yakumo untuk menjadi murid, namun sayangnya, Yakumo tidak menerima murid untuk menjadi seorang Rakugoka.

Yotarou tidak patah semangat, ia terus berusaha sampai akhirnya Yakumo membuka peluang baginya. Suatu saat Yakumo menceritakan tentang masa lalunya, tentang sahabatnya, gurunya, dan percintaannya yang tidaklah mulus.

Anime ini benar-benar membawa penonton kembali ke masa lalu dan melihat keindahan Rakugo, seni tradisional Jepang yang sempat hilang dari peradaban karena adanya teknologi.

Dalam anime ini kisah tentang para karakter sangat kuat antara satu dan lainnya sehingga menarik untuk diikuti, walaupun alur cerita maju-mundur tapi tidak membuat bingung penonton.

Kelemahan dari anime ini adalah, monolog yang banyak dan tidak ada pemotongan saat melakukan Rakugo sehingga bisa saja membuat penonton bosan. Namun itu malah bisa menarik perhatian penonton karena cerita dan kisahnya yang memang belum banyak terdengar, dan kisah Rakugo selalu penuh dengan hikmah dan intisari.

Untuk kalian yang tertarik dengan budaya tradisional Jepang, tontonlah anime ini dengan alur cerita yang maju mundur dan grafis yang sangat halus dan menawan walaupun bertema tradisional tetap sangat menarik untuk ditonton.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.