Bakuman: Menjadi Seniman Manga Demi Menaklukan Gadis Pujaan




Setelah menjadi musuh dalam film Rurouni Kenshin, Takeru Sato dan Ryunosuke Kamiki menjadi sahabat dalam film Bakuman

Detail

Movie: Bakuman
Romaji: Bakuman
Japanese: バクマン。
Release Date: October 3, 2015
Distributor: Toho
Language: Japanese
Country: Japan
Rating: 9/10

Cast & Crew
Director: Hitoshi One
Writer: Tsugumi Ohba (manga), Takeshi Obata (manga)
Distributor: Toho
Language: Japanese
Country: Japan
Cast: Takeru Sato, Ryunosuke Kamiki, Nana Komatsu, Kenta Kiritani, Hirofumi Arai


Film Bakuman adalah adaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata yang diterbitkan pada 11 Agustus 2008 sampai 23 April 2012 oleh Weekly Shonen Jump.

Moritaka Mashiro (Takeru Sato) tidak ingin mengikuti jejak pamannya sebagai seniman manga, yang tiba-tiba meninggal karena keletihan bekerja. Ia berpikir akan lulus dari sekolah dan bekerja di sebuah kantor.

Hingga akhirnya satu hal merubah pikirannya dan memutuskan untuk serius menjadi seorang mangaka ketika ia jatuh cinta terhadap seorang gadis di sekolah yang bernama Miho Azuki (Nana Komatsu). Seorang gadis yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengisi suara.

Baca Juga
Moteki: Kisah Jurnalis Musik Pecundang Mengejar Cinta
Tag (Riaru Onigokko): Aksi Fantasi Berdarah dari Sion Sono
Ao Haru Ride: CLBK? Jodoh? Happy Ending!
700 Days of Battle: Us vs. the Police: Perkelahian Lewat Ide-ide Konyol

Azuki kemudian memberikan harapan kepada Mortika untuk bisa menikahinya dengan syarat keduanya bisa meraih impian mereka masing-masing. Moritaka pun bekerjasama dengan teman sekelasnya Akito Takagi (Ryunosuke Kamiki) untuk menerbitkan manga pertama mereka sekaligus untuk menaklukan hati gadis pujaanya.

Petualangan dua anak muda ini pun dimulai. Apakah mereka berdua akan sukses? Apakah Moritaka akhirnya mampu mendapatkan Azuki?

Satu hal yang harus dihadapi oleh sebuah film adaptasi adalah akan dibandingkan dengan cerita orisinilnya, baik itu versi manga ataupun animenya. Hanya hitungan jari yang mampu lepas dari bayang-bayang cerita aslinya, karena dinilai cerita di dalam film melenceng dari yang seharusnya.

 Meski kadang hal tersebut dilakukan agar para penonton tidak menikmati cerita yang sudah mereka ketahui sebelumnya.

Moritaka Mashiro dan Akito Takagi bahu membahu untuk menghasilkan manga karya mereka
Mashiro (Takeru Satoh) dan Takagi (Ryunosuke Kamiki) bahu membahu untuk menghasilkan manga karya mereka

Memilih dua aktor pria yang sedang berada di puncak karir mereka, tentu film Bakuman berharap, baik itu Takeru Sato dan Ryunosuke Kamiki mampu menarik minat para penonton yang sebelumnya tidak pernah membaca manga dari Bakuman. Apalagi keduanya memiliki basis penggemar yang sangat besar dan ditambah dengan nama dari Nana Komatsu.

Dibuat selama dua jam, film ini agak membosankan di awal cerita. Setelah 10 menit berjalan, cerita film mulai mengalir seperti yang diharapkan. Tentu bukan pekerjaan yang mudah menyingkat cerita yang tersaji dalam ratusan serial manga menjadi film dengan durasi dua jam saja.

Pengaplikasian pembuatan manga di dalam film dibuat sangat nyata. Sang sutradara pun mengakui jika ada beberapa scene di dalam film di take saat ia mendapatkan ide di lokasi syuting. Satu pekerjaan yang tentu tidak mudah dan menuntut kemampuan akting para pemain serta staff yang terlibat.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.