Rahasia Dibalik Bersihnya Shinkansen. Keajaiban Dalam 7 Menit!




Shinkansen dibersihkan oleh para petugas hanya dalam waktu 7 menit

Shinkansen adalah salah satu kebanggaan Jepang di bidang transportasi. Kereta peluru ini sendiri dibuat untuk menyambut Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 1964.

Bagi yang pernah merasakan naik Shinkansen, kereta ini tidak hanya cepat, namun juga sangat nyaman dan bersih. Kebersihan shinkansen ternyata tak terlepas dari para petugas kebersihan yang mampu membersihkan dengan sangat cepat dan cekatan.

Baca Juga
Seluk-beluk Tentang Shinkansen
Shinkansen Kian Menjadi Ancaman Serius Maskapai Penerbangan Jepang
Berkenalan dengan Shinkansen Hokkaido, si Hijau Ungu yang Menawan
Niigata Story #2: Max Toki, Shinkansen Kebangaan Warga Niigata

Tiga menit sebelum kedatangan Shinkansen di stasiun, para pekerja sudah bersiap di pembatas pintu keluar penumpang kereta. Mereka sudah siap dengan plastik yang akan mereka sodorkan kepada penumpang saat keluar.

Para petugas kebersihan bersiap menyambut penumpang keluar kereta
Para petugas kebersihan bersiap menyambut penumpang keluar kereta

Hal tesebut dilakukan agar para penumpang membawa sampah mereka masing-masing dari dalam kereta, lalu membuangnya di plastik yang dipegang oleh petugas.

Setelah seluruh penumpang keluar, petugas akan berbegas masuk ke dalam kereta. Dengan membawa tas besar berwarna biru yang berisi peralatan kebersihan, mereka hanya diberikan waktu 7 menit untuk membersihkan serta merapihkannya kembali.

Petugas kebersihan memang plastik agar para penumpang membuang sampah mereka
Petugas kebersihan memang plastik agar para penumpang membuang sampah mereka

Setiap gerbong kereta akan dibersihkan oleh dua petugas dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Mereka membersihkan seluruh sudut yang ada di dalam kereta. Kursi yang bergeser arah juga akan dikembalikan ke posisi semula.

Setelah semua tugas sudah diselesaikan, para petugas akan keluar kereta dan kembali ke posisi semula. Mereka akan melakukan ojigi saat Shinkansen berjalan meninggalkan stasiun.

Selain membersihkan sampah, posisi kursi juga akan dikembalikan seperti semua oleh petugas kebersihan
Selain membersihkan sampah, posisi kursi juga akan dikembalikan seperti semua oleh petugas kebersihan

Jika kalian penasaran apakah memang para petugas bisa membersihkan shinkansen hanya dalam waktu 7 menit? Bisa menyimaknya dalam video berikut “7 Minutes Miracle”

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.