Rahasia Air Selokan di Jepang Tetap Bersih dan Menjadi Tempat Tinggal Ikan




Belum lama ini sedang viral foto-foto dari netizen seputar bersihnya air selokan di Jepang. Bagi yang pernah ke Negeri Sakura, pasti pernah melihat langsung jika air selokan di Jepang memang sangat bersih dan tak sedikit yang menjadi tempat tinggal para ikan..

Apakah rahasia selokan di depan rumah penduduk Jepang sangat bersih? Kemana mereka membuang air sisa atau kotoran dari rumahnya?

Kamarul Ilmar in Shimane, seorang pria Malaysia yang menjadi pekerja saluran pipa di Jepang menceritakan kenapa selokan di depan rumah penduduk Jepang sangat bersih lewat akun facebook-nya.

Bersihnya air selokan di Jepang membuat ikan koi bisa hidup di dalamnya

Ternyata ada dua saluran atau selokan di masing-masing rumah penduduk Jepang. Di mana air untuk limbah akan mengalir tepat di bawahnya, dan air yang jernih berada di atasnya. Air dari hasil sisa rumah tangga akan mengalir melalui pipa terpisah, yang biasanya terdapat di bawah selokan yang jernih.

Sementara air jernih yang berada di selokan yang di atas berasal dari air hujan dan mata air sehingga air tidak akan kerus, berbau, dan tetap jernih. Bebas sampah serta limbah rumah tangga membuat koi pun bisa hidup.

Pembuatan pipa limbah di atas selokan Jepang

Orang Jepang juga turut berperan dalam pemisahan pipa air dan menjaga kebersihan. Menurut Kamarul, setiap rumah tangga harus membayar setiap limbah yang mereka keluarkan.

Faktor lainnya tentu saja kultur orang Jepang yang sangat menjaga kebersihan. Selain membayar mahal untuk limbah, orang Jepang dikenal sangat taat dengan aturan. Sangat jarang ditemukan ada sampah berserakan di Jepang.

Selokan di Shirakawa-go yang juga menjadi tempat tinggal ikan koi

Kami sendiri pernah melihat langsung jernihnya air selokan yang juga menjadi tempat tinggal koi saat mengunjungi Shirakawa-go. Meski tidak menanyakan secara detail, kami merasa hal tersebut tak lepas dari peran peduduknya dalam menjaga kebersihan.

Pemandangan air selokan di Jepang yang sangat bersih memang kontras dengan ada yang di Indonesia. Namun bukan berarti kita tidak bisa. Semua berawal dari pribadi masing-masing terlebih dahulu dalam menjaga kebersihan.

Sumber: Kamarul Ilmar in Shimane, exspresiku.blogspot.co.id

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.