Qatar Libas Jepang 3-1 di Final Piala Asia 2019




Jepang gagal menjadi juara Piala Asia 2019 usai dikalahkan Qatar 1-3 | PHOTO: Kaoru Watanabe/GEKISAKA

Partai puncak Piala Asia 2019 yang mempertemukan Jepang dengan Qatar telah berlangsung pada hari Jumat, 1 Februari 2019 di Zayed Sport City Stadium. Kedua tim saling jual beli serangan semenjak babak pertama dimulai. Namun, kendali permainan dipegang oleh Qatar. Hasilnya di menit ke-12, Almoez Ali sukses mencetak gol yang spektakuler ke gawang yang dikawal oleh Shuichi Gonda.

15 menit berselang, giliran Abdul Aziz Hatim yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan dari luar kotak pinaltinya tidak mampu dihalau oleh kiper milik Sagan Tosu dan keunggulan Qatar bertambah menjadi 0-2. Jepang bukannya tanpa perlawanan, beberapa kali mereka melancarkan serangan namun gagal menembus ketatnya pertahanan tim asal Timur Tengah hingga akhirnya memasuki waktu istirahat.

Di babak kedua, baik Jepang maupun Qatar terus melakukan jual beli serangan. Tim asuhan Hajime Moriyasu cukup unggul dalam penguasaan bola di babak kedua. Pada menit ke-69, gol yang dinanti publik Negeri Sakura akhirnya dating. Adalah Takumi Minamino yang berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 usai menang 1 on 1 dengan kiper Qatar.

Setelah Minamino mencetak gol, Yuya Osako dan kolega semakin gencar menekan jantung pertahanan dari Qatar. Sayangnya, tim asuhan Felix Sanchez mendapat tendangan pinalti di menit ke-83 setelah Maya Yoshida melakukan handsball di kotak terlarang. Akram Afif yang menjadi algojo sukses menambah keunggulan Qatar menjadi 1-3. Pertandingan semakin memanas, beberapa kali kedua tim melancarkan serangan dan melakukan pelanggaran.

Sampai pertandingan berakhir, skor tidak berubah 1-3 untuk kemenangan Qatar. Untuk pertama kalinya Jepang gagal memenangkan pertandingan final Piala Asia setelah empat final sebelumnya mereka selalu keluar sebagai juara. Sementara bagi Qatar, mereka berhasil juara Piala Asia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Selamat untuk Qatar, dan terima kasih atas perjuangannya Samurai Biru!

 

HIGHLIGHTS: Jepang 1-3 Qatar

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.