Pulau Hashima, Pulau Hantu yang Terlupakan di Nagasaki




Sebelum ditinggalkan penghuninya, pulau Hashima digunakan sebagai tempat penambangan batu bara bawah laut.

Jika kalian sudah menyaksikan film live-action Attack on Titan dan memiliki pertanyaan dimanakah lokasi pengambilan gambarnya? Jawabannya adalah disebuah pulau yang kerap dijuluki pulau berhantu yang sudah terlupakan di Nagasaki.

Baca Juga
Odaiba, Pulau Buatan Nan Indah yang Dibangun Dengan Urukan Sampah
Pulau Aogashima, Keindahan Tropis Tersembunyi dari Jepang
Pulau Okunoshima, Rumah Kelinci Menggemaskan di Jepang
Populasi Kucing di Pulau Tashirojima Lebih Banyak Daripada Penduduknya

Pulau Hasihima atau yang biasa dikenal dengan nama Gunkanjima merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni di Jepang. Pulau ini termasuk dalam wilayah prefektur Nagasaki. Terdapat sisa-sisa gedung yang masih berdiri tegak menjadikan pulau ini seperti kota hantu dengan luas 61, 000 meter persegi.

Sebelumnya, pulau ini pernah di huni pada tahun 1887 sampai dengan tahun 1974 dan digunakan sebagai tempat penambangan batu bara bawah laut.

Pulau Hashima kerap disebut sebagai pulau hantu

Sebelum kosong, sebagai pulau yang kecil memiliki jumlah penduduk yang cukup padat yaitu sekitar 139, 100 orang/kilometer persegi. Didalamnya terdapat bangunan apartemen, rumah sakit, sekolah, kuil, bioskop, penjara, gymnasium, pertokoan dan restoran.

Setelah lama terlupakan, pulau ini seakan mengingatkan kembali akan kehadirannya ke dunia luar melalui peran cameo di salah satu film James Bond, Skyfall, pada tahun 2012. Hingga akhirnya namanya kembali benar-benar muncul di pemberitaan media-media Jepang saat Attack on Titan mengambil proses syuting disini.

Para pemeran Attack on Titan di Pulau Hashima

Sekarang pulau ini kerap dikunjungi turis-turis yang mencari bangunan monumental dan arsitektur unik. Salah satu yang membuat pulau ini menarik adalah siluet nya dari kejauhan yang menambah kesan angker.

Banyak juga turis yang ingin merasakan wisata mistis dengan mengunjungi setiap bangunan yang ada.
Tempat yang bernama Stairway to Hell yaitu tangga yg berada di antara bangunan 57 dan 16 yang daerah sekitarnya bagaikan labirin dan bangunan utama sekolah yang sebenarnya merupakan daerah yang tidak boleh dimasuki.

Pulau Hashima kini seakan membusuk ditinggalkan para penghuninya

Gedung gedung tua yang sudah tidak berpenghuni serta reruntuhan dari bangunam menambah kesan muram Gunkanjima. Tidak sedikit isu isu yang beredar tentang penampakan makhluk halus yang di alami para pengunjung seperti mendengar suara anak kecil sedang bermain dan suara teriakan dari dalam bangunan yang tidak berpenghuni.

Pulau ini terletak sekitar 15 kilometer dari Nagasaki. Untuk menjelajahi pulau ini, telah disediakan paket tur yang dikenakan biaya sebesar 3.400 sampai 4.500 yen dari terminal Tokiwa sampai Hashima.

Bisa juga untuk menuju ketempat ini dari stasiun Nagasaki naik kereta dengan jalur Syokakujishita dan turun di stasiun Tsukimachi. Kemudian naik kembali dari jalur kereta yang terletak di sebrang nya, ambil kereta dengan jalur Ishibashi dan turun di stasiun Ourakaigandori (dua stasiun sebelum stasiun Tsukimachi.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1808 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.