Proyek Shoryudo, Program Wisata untuk Turis Muslim dari Jepang




Masjid Nagoya

Semakin bertambahnya wisatawan asing dari negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia dan Malaysia membuat Jepang juga berbenah guna membuat mereka nyaman di negara mereka.

Restoran dan kedai makanan yang menyediakan makanan halal semakin marak di Jepang. Pun demikian dengan tempat untuk ibadah umat muslim yang semakin banyak, tak hanya di Tokyo namun juga tersebar di wilayah lain.

“Ada beberapa restoran yang sudah menyiapkan makanan halal. Namun jumlahnya masih didata. Tapi yang jelas ada beberapa,” kata Nobuhisa Hori, pejabat dari Divisi Promosi Pariwisata Kota Gifu.

Jepang sendiri tengah membuat sebuah program wisata untuk menggenjot turis muslim, yakni proyek Shoryudo.
Ini adalah semacam paket wisata yang meliputi sejumlah daerah di Chubu.

Untuk awal, proyek ini akan mencakup 9 Prefektur di wilayah Chubu. Dalam program ini, Jepang menyediakan 23 tempat shalat yang tersebar di sejumlah tempat, mulai bandara udara, hotel, dan tempat penginapan lainnya.

Selain itu terdapat juga masjid di wilayah proyek Shoryudo, yakni Masjid Nagoya, Masjid Fuji, Masjid Seto, Masjid Shin Ajo, Masjid Bandara Nagoya, gedung Pusat Islam Kasugai, gedung Pusat Islam Ichinomiya, Masjid Al Musthafa, Masjid Gifu, dan lainnya.

Pemerintah Jepang juga berupaya menyediakan restoran halal di kawasan wisata, antara lain Hotek Sunvalley Hakuba, Hotek Miyako Gifu, dan daerah lainnya.

“Maksudnya kami tidak spesifik memberi label halal pada restoran. Tapi kami menyediakan makanan halal bagi turis muslim,” kata Nobuhisa.

Selain itu, lanjut dia, ada restoran yang memisahkan minyak goreng untuk memasak makanan yang mengandung daging babi. Jadi, minyak bekas penggorengan daging babi tidak dipakai untuk memasak makanan lain.

Sumber: kompas

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.