Prosedur Pengajuan Visa Jepang di Japan Visa Application Centre




Semakin meningkatnya jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang sangat disambut positif oleh Dinas Pariwisata Jepang. Jika dulu Negeri Sakura terkenal sangat mahal dan seperti sulit untuk dikunjungi, sekarang ini semakin banyak travel fair yang menyediakan tiket dan paket wisata murah ke Negeri Sakura.

Menurut data resmi, di tahun 2016 kemarin ada sekitar 138.327 wisatawan Indonesia yang mengajukan permohonan visa ke Jepang. Dari jumlah tersebut, 70% melampirkan dengan paspor biasa dan 30 persen melampirkan dengan e-paspor.

Kedutaan Besar Jepang membuka Japan Visa Application Centre (JVAC), sebuah layanan terpadu untuk mengajukan visa ke Jepang yang resmi beroperasi pada Jumat (15/9/2017) di Mal Lotte Shopping Avenue.

Bagi kalian yang ingin pergi ke Jepang untuk pertama kalinya dan sedang menyiapkan persayaratan pembuatan visa, berikut prosedur yang harus dilalui untuk pengajuan visa di JVAC yang kami lansir dari Kompas.

1. Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB.
2. Waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB.
3. Tersedia 15 loket untuk pengajuan visa di JVAC. Untuk menghemat waktu, calon pengaju visa dapat melakukan reservasi pengajuan visa di situs resmi JVAC.
4. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional).
5. Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor.
6. Proses pengajuan hingga pengambilan visa membutuhkan waktu lima hari kerja, terhitung dari hari pengajuan. Setelah mengajukan bisa, pengaju dapat mengecek status visa melalui internet.
7. Bagi yang berdomisili di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Surabaya, Medan, Denpasar dan Kantor Konsuler Makassar, pengajuan tetap dilakukan di konsulat jenderal atau kantor konsuler masing-masing.
8. Mulai 15 September 2017, Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.