Prefektur Tottori Dihantam Gempa Besar




Penampakan salah satu wilayah di Tottori seusai gempa

Sebuah gempa kuat dengan perkiraan kekuatan awal 6,6 mengguncang Prefektur Tottori di wilayah Jepang barat hari Jumat (21/10/2016) siang kemarin.

Guncangan itu tercatat pada 6 skala richter di Tottori bagian tengah. Pusat gempa berada pada kedalaman 11 kilometer. Guncangan terasa di wilayah luas di Jepang barat.

Menurut NHK yang mendapat informasi dari rumah sakit dan pemadam kebakaran, lebih dari 10 orang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit. Para pejabat Badan Manajemen Kebakaran dan Bencana mengatakan dua rumah hancur di Tottori.

Sejumlah orang melakukan evakuasi dari rumah mereka dan gedung-gedung lain dan berkumpul di ruang terbuka demi keselamatan. Listrik kembali menyala setelah terputus di sekitar 50.000 rumah.

Guncangan itu memutus transportasi. Bandara-bandara setempat membatalkan penerbangan. Sebagian layanan kereta super cepat dihentikan. Sebagian jalan raya ditutup untuk pemeriksaan kerusakan. Sebagian besar layanan ini kembali beroperasi beberapa waktu kemudian.

Gempa ini menjadi yang terbesar sejak gempa di tahun 1943 dengan kekuatan 7 9 skala richter yang menewaskan lebih dari 100 orang di Tottori. Para pejabat Badan Meteorologi Jepang mengimbau masyarakat agar tetap waspada akan kemungkinan gempa dengan kekuatan yang sama.

Sumber: NHK
Foto: Japan Times

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.