Prediksi Senbatsu Sousenkyo 2017: Apa Jadinya Jika 1 Fans =1 Suara?




Satu minggu menjelang perhelatan terbesar dalam AKB48 Group, Senbatsu Sousenkyo. Kebanyakan orang sudah mulai menerka-nerka terkait hasil akhir yang nampaknya akan sangat mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Nama-nama besar seperti Kashiwagi Yuki, Yamamoto Sayaka, Kodama Haruka dan Muto Tomu yang diprediksi akan menghiasi posisi 7 besar di tahun ini justru memutuskan untuk tak berpartisipasi. Dengan demikian, jalan besar terbuka bagi para wajah-wajah baru untuk mencuri posisi 7 besar dari para pemain lama.

Hasil sementara dari Senbatsu Sousenkyo yang kerap menjadi rujukan untuk melihat hasil akhir, seperti biasa selalu memberikan kejutan. Terlebih lagi pada tahun ini, posisi nomor 1 pada saat pengumuman hasil sementara justru tak ditempati oleh Sashihara Rino dan Watanabe Mayu. Ogino Yuka, wakil kapten Team NIII dari NGT48 berhasil merebut posisi nomor satu tersebut dari para dua bintang besar tersebut.

Secara mengejutkan Ogino Yuka berhasil meraih suara sebesar 55,061 suara. Jumlah yang saat mengerikan untuk sebuah hasil sementara karena trend selama dua tahun belakangan ini, posisi nomor 1 pada hasil sementara hanya meraih lebih kurang 40 ribu suara. Pada tahun 2015, Sashihara Rino meraih sebanyak 38,151 suara pada penghitungan hari pertama. Sementara pada tahun 2016, Watanabe Mayu meraih 42,034 suara.

Walaupun memang hasil sementara sangat bisa berubah pada hari pengumuman hasil akhir, hampir dipastikan Ogino Yuka akan menempati posisi 16 besar. Terutama mengingat tahun lalu Kojima Haruna sebagai NyanNyan Kamen hanya meraih 40,071 suara. Tahun lalu, posisi dengan raihan 50,000 suara adalah posisi ke-12 yang ditempati oleh Kitahara Rie.

Memang setiap tahunnya jumlah raihan suara selalu meningkat, namun perlu diingat bahwa Ogino Yuka meraih suara 50 ribu hanya pada hari ke-2 dan ia masih memiliki waktu lebih dari 2 minggu untuk meningkatkan jumlah suaranya. Jika suaranya terus meningkat secara baik, maka bukan tidak mungkin ia dapat mengamankan posisi 7 besar.

Perlu diingat pula bahwa single voting kali ini, Negaigoto no Mochigusare, pada minggu pertama berhasil terjual sebanyak 2,5 juta kopi. Masih sangat banyak suara yang belum masuk dan dinamika selama dua minggu proses pemilihan sangat mungkin berubah secara drastis dari hasil sementara kemarin. Layaknya Sashihara Rino yang pada tahun lalu raihan suaranya pada hari terakhir meningkat sebanyak 201,000 suara dari hari pertama.

Watanabe Mayu

Selain Sashihara Rino dan Watanabe Mayu, nama yang lain yang menjadi calon kuat untuk mengisi posisi 5 besar adalah Matsui Jurina dan Miyawaki Sakura. Mungkin juga Suda Akari yang tahun lalu berhasil meraih posisi ke-7.

Akan lebih menarik lagi jika menerka siapa wajah baru yang akan mengisi posisi 7 besar, terlebih lagi setelah Kashiwagi Yuki, Yamamoto Sayaka, Shimazaki Haruka, Kodama Haruka, dan Muto Tomu yang tahun lalu berada pada posisi-posisi teratas tak ada pada daftar kandidat tahun ini.

Jika hanya melihat hasil raihan suara pada tahun lalu, maka nama-nama yang berpotensi mengisi posisi kosong di 7 besar adalah Yokoyama Yui, Kitahara Rie, Mukaichi Mion, Okada Nana, dan Takahashi Juri. Namun nampaknya Kitahara Rie sudah tak begitu kuat untuk meraih posisi 7 besar. Jikapun ia bertahan di 16 besar, mungkin ia hanya harus puas berada pada posisi kisaran 12-16.

Kashiwagi Yuki

Dengan demikian, Yuihan, Mion, Naachan, dan Juri bisa dibilang sebagai kandidat kuat. Yuihan dengan posisi general manager AKB48 Group, Mion dengan julukan next generation ace, Naachan dengan pesona ikemen dan status kapten STU48, serta Juri yang kerap digadang sebagai the next general manager.

Selain nama-nama tersebut, perlu dipertimbangkan juga nama-nama kuat lainnya, seperti wajah-wajah veteran layaknya Matsumura Kaori yang sempat absen tahun lalu. Selain itu jika tetap mempertimbangkan jumlah suara pada hasil sementara, maka kita tak boleh meremehkan para anggota NGT48 yang penuh kejutan, seperti Ogino Yuka, Honma Hinata, dan Takakura Moeka yang pada hasil perolehan sementara kemarin berhasil menguasai posisi 7 besar.

Untuk posisi 16 besar sendiri, sejumlah nama-nama potensial yang nampaknya mungkin dapat menembus senbatsu adalah Kojima Mako, Takayanagi Akane, Komiyama Haruka, Oba Mina, Tomonaga Mio, Shiroma Miru, Kato Rena, Kuranoo Narumi, Kawamoto Saya, dan Yoshida Akari.

Yoshida Akari adalah fenomena yang menarik karena ia meraih popularitasnya dengan menjadi seorang youtuber yang kerap memberikan tips make up. Popularitasnya meningkat setelah ia menjadi seorang social media influencer. Pada acara akhir tahun NHK, Kouhaku Uta Gassen, terdapat sistem pemilihan dengan mekanisme satu perangkat telepon selular dapat memberikan satu suara yang dimana ia berhasil meraih posisi ke-6.

Namun, memang tak dapat dipungkiri bahwa senbatsu sousenkyo tak hanya sebatas popularitas di masyarakat luas. Perhelatan ini juga mengenai sebesar apa dedikasi seorang fans hingga rela berkorban banyak, mulai dari tenaga hingga uang agar member favoritnya dapat meraih posisi teratas. Mereka yang terkenal di publik luas, belum tentu dapat meraih posisi tinggi pada sousenkyo jika publik tersebut tak rela mengeluarkan uang untuk sekadar menyumbang satu suara.

Jika senbatsu sousenkyo hanya dapat menyumbangkan satu suara dari masing-masing fans, maka hasilnya hampir dapat dipastikan tidak akan seperti ini. Mungkin beberapa tahun belakangan yang seharusnya berada pada posisi 1 adalah Yamamoto Sayaka, bukan Sashihara Rino atau Watanabe Mayu. Mengingat antrian handshake dari Yamamoto Sayaka terus mengular seperti tak ada habisnya.

Kali ini The Daily Japan tidak akan mengeluarkan prediksi 16 besar secara detail mengingat era baru dari sousenkyo baru saja dimulai. Namun, jika kalian punya prediksi, kami tunggu komentar kalian!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.