Populasi Kucing di Pulau Tashirojima Lebih Banyak Daripada Penduduknya




Tashirojima dikenal sebagai pulau kucing di Jepang

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan favorit para penduduk Jepang. Tidak sedikit dari mereka yang memelihara kucing lebih dari satu ekor. Kecintaan orang Jepang terhadap kucing tidak bisa dilepaskan dari faktor historis.

Menurut sejarah, kaisar Jepang yang pernah menduduki tahta pemerintahan Jepang selalu memelihara kucing. Hal ini dikarenakan adanya mitos yang sudah turun-temurun perihal kucing.

Baca Juga
Maneki neko: Patung Kucing Pembawa Keberuntungan
Neko no Hi: Perayaan Tahunan yang Selalu Dinanti Para Pecinta Kucing
Patung Hachiko: Dari Tempat Bersejarah Hingga Titik Temu Terbaik di Tokyo
Taman dan Patung Perunggu Penguin Telah Diresmkan di Shinjuku

Kucing adalah kesayangan Dewa Amaterasu atau sang dewa matahari. Kucing kesayangan dewa sering turun ke dunia untuk melihat kehidupan manusia. Jika kucing menemukan orang yang berhati mulia namun miskin, ia akan melaporkannya kepada Dewa Kemakmuran agar orang tersebut diberikan rahmat rejeki. Hal ini yang memicu mitos lahirnya patung Maneki neko.

Tashirojima sebuah pulau kecil yang terletak di Ishinomaki, Miyagi, Jepang memiliki populasi kucing lebih banyak daripada manusia. Di pulau ini hanya ada sekitar 100 manusia, sisanya kucing-kucing liar yang semakin banyak jumlahnya. Penduduk lokal percaya jika mereka memberi makan kucing akan membawa keberuntungan.

Tashirojima sebuah pulau kecil yang terletak di Ishinomaki, Miyagi, Jepang memiliki populasi kucing lebih banyak daripada manusia. Di pulau ini hanya ada sekitar 100 manusia, sisanya kucing-kucing liar yang semakin banyak jumlahnya. Penduduk lokal percaya jika mereka memberi makan kucing akan membawa keberuntungan.

cat-tashirojima2

Sekitar tahun 1800, Tashirojima adalah tempat peristirahatan yang populer bagi para nelayan. Kucing-kucing liar yang ada di pulau ini sering meingikuti nelayan hingga ke penginapan dan berharap mendapatkan makanan dari hasil tangkapan nelayan.

Setelah itu, hubungan baik mulai terjadi antara nelayan dan kucing karena nelayan percaya kucing bisa memprediksi cuaca yang membantu mereka dalam menentukan kapan untuk melaut. Sedangkan menurut cerita lain, penduduk Tashirojima yang berprofesi sebagai penenun memelihara kucing untuk mencegah tikus yang ingin memangsa ulat sutera.

fubirai

Popularitas Tashirojima sebagai pulau kucing mulai terkenak seantero dunia saat seorang fotografer bernama Fubirai yang mendokumentasikan berbagai kegiatan kucing-kucing di sana dan diunggah ke dalam blog pribadinya. Sejak saat itu banyak pecinta kucing seantero dunia yang ingin mengunjungi Tashirojima.

Sayangnya hingga saat ini di pulau ini belum tersedia restoran, mobil, toko, atau kios penjual makanan dan minuman.. Bisa dibilang, Tashirojima memang bukanlah tempat untuk berwisata. Meski demikian, tetap banyak pecinta kucing yang menyinggahi pulau ini saat berkunjung ke Jepang.

Sumber: wikipedia, beritagar, reuters
Foto: google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.