Pokemon GO Mulai Ditinggalkan di Jepang




Sejak pertama kali dirilis, Pokemon GO menjelma menjadi fenomena dunia. Game buatan Niantic itu bahkan menjadi game mobile terpopuler sepanjang sejarah Amerika Serikat. Setelah beberapa kali mengalami penundaaan, Pokemon GO akhirnya dirilis di Jepang pada 22 Juli silam.

Dalam hari pertama perilisan di Negeri Sakura, Pokemon GO diunduh oleh 10 juta orang. Pro kontra juga hadir mengiringi perilisannya meski tidak sebesar di negara lain. Pemerintah Jepang sendiri menyambut positif meski tetap memperingatkan warganya agar tidak menganggu lingkungan sekitar ketika berburu Pokemon.

Dua bulan berselang, popularitas Pokemon GO ternyata mulai menurun di Jepang. Orang-orang mulai meninggalkannya dengan berbagai alasan. Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan oleh sebuah perusahaan peneliti pasar di Jepang yang bernama MMD Laboratories.

MMD Laboratories mewawancarai 2.190 orang yang berusia diantara 15 hingga 65 tahun dengan hasil 24,2 persen responden mengakui masih bermain, sementara 13,5 persen telah berhenti. Sementara 825 orang yang masih bermain diminta untuk memberikan penilaian keseluruhan mengenai Pokemon Go, dengan skala dari angka 1-10. 20 persen memberikan angka 5, dengan mayoritas membeirkan angka 7.

Akhirnya, mereka yang telah berhenti bermain Pokemon GO diminta untuk memberikan alasan. Penyebab utama orang Jepang mulai meninggalkan permainan ini karena menghabiskan baterai ponsel, hal ini diakui oleh 42% dari responden.

Setelah memakan baterai, berikut alasan lain Pokemon GO mulai ditinggalkan di Iepang menurut survey:

2. Tidak banyak yang dapat dilakukan (Pokemon Go) ketika berada di rumah 38.3%
3. Melakukan hal yang sama berulang kali 37.6%
4. Moster yang muncul selalu sama 31.5%
5. Bermain sambil berjalan membahayakan 23.4%
6. Tidak menemukan monster yang rare 21.4%
7. Merasa bermain Pokemon Go hanya membuang waktu 20.3%
8. Tidak mengerti dimana kesenangannya dari gyms 17.3%
9. Tidak dapat menemukan monster 16.6%
10. Menaikan level menimbulkan masalah 16.6%

Sumber: Japan Today

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.