Ketika Kota Tottori Menjelma Menjadi Serba ‘Pink’




Pasti banyak diantara kalian yang tidak asing jika mendengar kata “Tottori” khususnya para pencinta komik Jepang. Ya, kata tersebut sering kita temui di komik Detective Conan karya Aoyama Gosho yang sangat populer di Jepang maupun Indonesia.

Tottori sendiri merupakan nama ibu kota Perfektur Tottori yang terletak di wilayah paling barat Pulau Honshu. Selain Tottori, di wilayah tersebut juga terdapat Perfektur Hiroshima, Okayama, Yamaguchi, dan Shimane.

Setelah memanfaatkan pamor Detective Conan dengan memberikan nickname resmi untuk Bandara Tottori , yakni Tottori Sand Dunes Conan Airport, kini Tottori akan menyelenggarakan suatu acara baru sebagai upaya untuk merevitalisasi wilayah tersebut.

Acaranya adalah  sebuah kontes foto berjudul, “Pink Tottori! Tottori Photo Contest” dimana para kontestan harus menyerahkan foto apapun yang berkaitan dengan Perfektur Tottori dengan syarat harus berwarna merah muda atau pink!

Kontes ini menawarkan grand prize sebesar ¥100,000 atau kurang lebih setara dengan Rp. 12.285.000. Wow nilai yang cukup besar ya.

Sebelumnya Tottori sudah dikenal melalui kari dengan saus berwarna merah muda yang dibuat dengan menggunakan ubi bit, dan pemerintah Tottori sepertinya tergoda untuk mengadopsi warna ini sebagai warna resmi Tottori.

Menurut juru bicara pemerintah Tottori, mereka ingin memberikan warna yang cerah kepada Tottori untuk mewakili daerah tersebut.

Stasiun Koi-Yamagata
Stasiun Koi-Yamagata

Pada bulan Desember 2015, Tottori membuat penelitian untuk melihat bagaimana masyarakat Jepang yang tinggal diluar Tottori memandang perfektur tersebut.

Hasilnya adalah hampir 70% menyebutkan Tottori Sand Dunes sebagai tempat paling terkenal disana.

Menurut warnanya, hampir setengah dari mereka mengaitkan Tottori dengan warna cokelat atau kuning karena teringat akan sand dunes tersebut.

pink-curry-main
Pink Curry

Namun demikian, pemerintah perfektur Tottori menyatakan bahwa Tottori adalah perfektur yang dipenuhi oleh warna merah muda. Brilliant Associates, salah satu perusahaan di Tottori telah menjual kari merah muda selama hampir 10 tahun.

Selain itu perusahaan tersebut juga menjual kecap merah muda yang juga dibuat dari ubi bit. Sebagai tambahan, tempat-tempat populer seperti Kuil Hakuto menjual jimat dan benda-benda lain yang berwarna merah muda.

Sedangkan Stasiun Koi-Yamagata dicat dengan warna merah muda pada tahun 2013 sebagai bagian dari Koi Eki Project (Love Station Project) yang melibatkan empat stasiun di seluruh Jepang yang memiliki karakter kanji “koi” yang berarti “cinta” di dalam namanya.

Lokomotif uap Class C12 SL
Lokomotif uap Class C12 SL

Untuk memeriahkan acara kontes foto ini, sebuah lokomotif uap Class C12 SL dari jalur kereta api Wakasa atau Wakasa Railway akan dicat dengan warna merah muda dan diletakkan di wilayah Stasiun Wakasa sejak tanggal 1 hingga 8 Mei 2016.

Proyek ini juga menyediakan kesempatan bagi para kontestan untuk mengambil foto disana. Penyelenggara kontes ini hanya menerima foto yang sesuai dengan tema kontes dan hanya sampai tanggal 31 Juli 2016.

Foto kontes bisa diserahkan melalui e-mail atau melalui halaman Facebook Perfektur Tottori.

Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi situs ini . Tapi jangan kaget ya karena seluruh halamannya menggunakan huruf dan bahasa Jepang!

Yang suka warna pink, jangan lupa mampir ke kota Tottori ketika di Jepang ya!

Foto: Japan Info, Japan Times

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.